Intro

Disini kami akan mengupas tuntas tentang peforma salah satu proccesor Skylake Core i5 6400T 2,2ghz yang hanya memiliki tdp sebesar 35w. perlu di ketahui core i5 6400T ini adalah prossesor dengan kecepatan paling rendah di generasi Skylake yang pernah kami temui hingga saat artikel ini ditulis. maka dari itu kami tertarik untuk menguji kemampuannya dan kami juga akan melakukan pengujian overclock. Diharapkan saat kondisi overclock proccesor ini sanggup mengungguli proccesor skylake lainya dengan harga yang lebih mahal. oh iya sayangnya, proccesor ini tidak di jual retail, kami mendapatkan proccesor ini dari salah satu PC built up di kantor kami. tetapi di beberapa web toko online sudah mulai ada yang menjual dalam kondisi bekas dengan harga yang cukup ekonomis sekitar range +/- 1,8jt-an. Tidak butuh waktu lama kami segera melakukan beberapa tes pengujian pada proccesor  Core i5 6400T 2,2ghz ini.

Sistem Pengujian
  • Core i5 6400T 2,2Ghz
  • Asus Maximus VIII Impact BIOS ver 0018
  • G.Skill Trident-Z DDR4 8gbx2 3600C16
  • Asus Geforce GT 710 2gb DDR3
  • SSD Patriot Blast 120gb
  • HSF AIO Corsair h100i
  • PSU InWin Powerman 550W 80+ Bronze
Sistem pengujian
Skenario Pengujian

Kami akan menguji menggunakan benchmark Cinebench R15 dan 3DMark Ice Storm. Kenapa saya memilih benchmark tersebut dikarenakan cinebench R15 salah satu benchmark yang benar” menguji peforma cpu secara 100%.
Lalu untuk benchmark 3D saya menggunakan Ice storm sebab waktu running nya lumayan singkat. dan saya hanya ingin melihat bagaimana peforma peningkatan proccesor dalam meningkat kan skor 3D nya apakah sangat berpengaruh atau tidak.
Untuk melakukan overclocking di seri proccesor intel non-k kita harus flash bios unofficial dari motherboard tersebut. untuk detail motherboard anda support atau tidak silahkan cek di sini. motherboard yang saya gunakan Maximus VIII Impact menggunakan Bios Ver 0018 [Unofficiall], saat melakukan overclock jangan lupa mematikan fitur intel speedstep dan C-states, berguna untuk mematikan fitur power saving. Perlu diketahui overclocking di proccesor intel non-k menyebabkan sensor suhu core tidak bisa terbaca, tapi masih bisa di akali memakai Hwmonitor liat gambar berikut.

TMPIN3 bisa menjadi solusi
Bios Ver 0018 dapat melakukan overclock pada proccesor non-K
disable Intel speedstep dan CPU C States

 mengingat harus bermain bclk maka memory kami akan di set manual, di range +-3600 [sebab memori yang kami gunakan memiliki XMP 3600, silahkan sesuaikan XMP sesuai memori yang anda gunakan], untuk timming tidak di rubah-rubah selalu memakai CL 13.

memori usahakan set manual tidak jauh dari kecepatan xmp-nya

Comments