Beberapa waktu lalu Intel sempat meluncurkan sebuah produk berbasiskan arsitektur 3D XPoint yang diberi nama Intel Optane Memory yang bentuknya sangat mirip dengan SSD M.2 pada umumnya. Namun yang membuat Intel Optane Memory cukup unik dan tidak seperti SSD pada umumnya, Intel Optane Memory didesain spesifik untuk dapat mempercepat kinerja komputer. Cukup menarik bukan? Bagaimanakah cara kerjanya hingga Intel sendiri mengklaim bisa mempercepat kinerja komputer?

Singkatnya, sebuah software akan mengatur supaya Intel Optane Memory menyimpan data-data yang sering diakses dari HDD sehingga mengakses data-data tersebut menjadi lebih cepat dan komputer terasa cepat mengingat mengakses data langsung dari HDD tidaklah secepat langsung dari Intel Optane Memory, sangat menarik!

Intel Optane Memory

Namun cukup disayangkan Intel hanya merilis Intel Optane memory yang menggunakan slot M.2 dan hanya cocok digunakan pada motherboard yang memiliki slot M.2 sehingga cukup disayangkan karena tidak semua motherboard dilengkapi dengan slot M.2 walau akhir-akhir ini jumlah motherboard yang menyediakan fitur slot M.2 cukup bertambah.

Spesifikasi Intel Optane Memory

Pada kali ini Intel hanya merilis dua varian dari Intel Optane Memory, yaitu 16GB dan 32GB bersamaan dengan drivernya. Intel sendiri memberikan harga $44 dan $77 (Rp 583.800 dan Rp 1.021.700 berdasarkan kurs dollar saat artikel ini di tulis) serta Intel memberikan garansi 5 tahun, yang menunjukkan bahwa Intel cukup percaya diri pada ketangguhan dan keawetan barang buatannya.

Kelebihan dari Intel Optane Memory ini dia lebih cepat, lebih responsif, lebih awet, dan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan SSD konvensiona. Intel Optane Memory juga cukup hemat daya karena ketika tidak digunakan (idle) hanya memakan daya 1W dan ketika aktif hanya memakan daya 3,5W saja.

Namun untuk apakah Intel merilis produk ini? Intel Optane Memory ditujukan pada komputer-komputer yang menggunakan HDD sebagai tempat penyimpanan utama namun tidak ingin terasa lambat saat menggunakannya. Sehingga menurut Intel akan sangat cocok dipasangkan pada PC yang memiliki keterbatasan/bottleneck pada kecepatan storage yang umumnya ditemukan pada Mainstream dan Low-Budget PC yang hanya menggunakan HDD.

Rekomendasi Penggunaan Intel Optane Memory menurut Intel

Seperti yang disugestikan Intel, Intel Optane Memory ini sangat cocok untuk mempercepat kinerja komputer sehingga low-budget dan low-end PC tidak selambat ketika hanya menggunakan HDD saja tanpa ditemani Intel Optane Memory. Sementara menurut Intel, kelas high-budget PC bisa menggunakan Intel Optane SSD, produk lain dari Intel yang berupa SSD yang memiliki kapasitas dan juga harga yang jauh diatas Intel Optane Memory.

Melihat Intel Optane Memory penggunaannya akan lebih ditujukan untuk komputer, sepertinya untuk para user yang memiliki laptop ataupun notebook terutama yang masih menggunakan HDD kiranya harus bersabar karena sampai artikel ini ditulis masih belum ada kabar dari Intel mengenai Intel Optane Memory atau produk serupa pada mobile devices seperti laptop atau notebook. So tunggu aja berita terbarunya hanya di Hexatekno.com

Comments