• AMD Ryzen

Minggu ini AMD merilis update untuk driver chipset, yaitu versi 17.10. Update ini ditujukan untuk membenahi performa Ryzen terutama masalah antara Ryzen dengan Windows yang menyebabkan performa Ryzen menjadi rendah terutama pada skenario gaming di resolusi 1080p dan 1440p.

Pada update ini AMD menambahkan opsi AMD Ryzen Balanced sebagai power plan keempat pada windows. Ya, AMD menambahkan sebuah opsi baru pada setting Power Windows.  Setelah meng-update driver chipset, profil keempat ini akan aktif secara otomatis. Namun bila user ingin menggantinya atau mungkin hanya ingin melihatnya, user bisa mengakses Control Panel -> Hardware and Sound -> Power Option pada Windows 10.

Umumnya setiap update memiliki peningkatan dan fix tersendiri. Nah, bagaimana dengan update chipset Ryzen kali ini? Apakah hanya sekedar menambahkan opsi power plan saja? Rupanya peningkatan pada update kali ini benar-benar bisa meningkatkan performa gaming Ryzen pada resolusi 1080p dan 1440p dimana sebelumnya Ryzen sedikit tertinggal dalam performa gaming di resolusi 1080p dan 1440 dibandingkan dengan i7 7700k. Peningkatan tersebut berkisar antara 6-7%, tergantung game, setting dan skenarionya.

Sayangnya AMD hanya merilis update ini untuk membenahi masalah performa pada Windows 10 versi 64-bit saja, sehingga untuk sistem operasi lain sepertinya harus bersabar karena masih belum ada kabar dari AMD mengenai fix pada Windows versi lain. Driver terbaru AMD bisa didownload di situs resmi AMD atau bisa klik disini.

Comments