Google meluncurkan YI HALO, Jump Camera generasi selanjutnya yang dibuat bekerjasama dengan Yi Technology perusahaan asal Tiongkok. Jump adalah Virtual Reality Video Maker yang dibuat Google dengan kemampuan merekam 3D-360 derajat. YI HALO memiliki total 17 kamera masing-masing dengan perekaman 4K. Meskipun jumlah kamera tergolong banyak namun rig kamera tersebut hanya berbobot 8 lbs atau sekitar 3.6 kilogram saja. Google mengklaim baterai yang digunakan mampu merekan video hingga 100 menit, untuk pilihan resolusi video YI HALO menawarkan 8K (8192 x 8192) pada 30fps atau 5K (5760 x 5760) pada 60fps.

YI HALO

Dengan adanya 5Ghz Wi-Fi, YI HALO dapat dioperasikan melalui aplikasi Android. Tak perlu memegang kamera, cukup pada aplikasi untuk preview kamera atau dapat juga melakukan kontrol dari perangkat mobile. YI HALO juga terdapat slot micro SD sebagai media penyimpanan dan LCD sentuh untuk pengaturan kamera. Generasi Jump Camera kali ini di desain agar dapat bekerja dengan Jump Assembler, software untuk menggabungkan hasil perekaman masing-masing kamera menjadi satu video 360 derajat

Bagi yang berminat membelinya ada dua opsi pilihan: membelinya saat launching di musim panas kali ini atau mendapatkan unit gratis dari Google melalui Jump Start program. Pada Jump Start, Google akan menyediakan YI HALO gratis kepada filmmaker, termasuk Jump Assembler untuk memproduksi virtual reality. Lebih dari 100 creator akan dipilih pada program tersebut yang mana akan dibuka hingga 22 Mei.

Comments