Pada 31 Mei 2017, AMD sempat mengumumkan secara resmi mengenai adanya processor kelas enthusiast dan high-end mereka yang menggunaskan chipset X399 bernama “Threadripper” dalam acara Computex 2017 di Taipei. Kepala Computing and Graphics, Jim Anderson memberikan sedikit presentasi mengenai AMD Ryzen Threadripper.

Saat presentasi, tidak diumumkan berapakah kecepatan processor dan juga berapakah harganya, namun AMD memberikan informasi bahwa Threadripper akan memiliki beberapa varian dimana varian tertingginya akan memiliki spesifikasi 16 core dan 32 thread seperti yang dipresentasikan oleh Jim Anderson. Sungguh-sungguh monster!

Chipset X399 yang merupakan chipset yang akan digunakan oleh processor Threadripper akan memiliki 64 jalur PCIe Gen 3 dan juga support untuk DDR4 Quad Channel dengan up to 8 DIMM, dua kali lipat dari apa yang ditawarkan oleh AMD Ryzen biasa. Rupanya AMD tidak ingin ketinggalan mengenai masalah chipset dari Intel dimana X399 sepertinya akan menjadi pesaing ketat dari Chipset Intel X299.

Performa

Saat presentasi dijalankan pula render test blender, test yang sama seperti ketika launching AMD Ryzen beberapa bulan yang lalu. Hasilnya cukup mencengangkan, AMD Threadripper berhasil menyelesaikan render tersebut dengan cukup cepat berkat 16 core dan 32 thread nya.

Didemokan pula oleh AMD gameplay dari game Prey menggunakan AMD Threadripper dan dua buah AMD RX Vega. Tidak main-main game dijalankan menggunakan resolusi 4K. Membuktikan bahwa AMD Threadripper bisa digunakan untuk bermain game.

List perbandingan, sumber : wccftech.com

Sekian berita AMD Threadripper dari Computex 2017 dan jangan ketinggalan berita-berita lainnya hanya di hexatekno.com.

Comments