Kabar mengenai hardware yang belum dirilis selalu menggugah rasa penasaran dan entusiasme dari para fans, enthusiast dan hobbyist dimana kali ini mendapatkan kabar mengenai kartu grafis Nvidia selanjutnya yang memiliki mikroarsitektur Volta (geforce 20 series). Namun, berita ini tidak datang langsung dari Nvidia tetapi berita ini dikonfirmasikan langsung kepada pers berupa sebuah rilis dari sebuah perusahaan bernama SK Hynix. Lho? Kok bisa?

Hal ini disebabkan karena Hynix, perusahaan yang dalam dunia komputer dikenal sebagai produsen chip/IC memory ini merilis secara resmi kepada pers memory GDDR6 yang akan menjadi standar baru kartu grafis berperforma tinggi dan sudah tersedia mulai awal tahun depan untuk mengakomodasi kartu grafis berperforma tinggi.

Meskipun Hynix tidak disebutkan produk apa yang akan menggunakan GDDR6, tetapi perusahaan tersebut menyebutkan bahwa GDDR6 dengan memory bandwidth sebesar 16Gbps ini(16Gbps adalah dua kali lipat dari kecepatan memory GDDR5 tercepat milik Hynix sendiri yaitu 8 Gbps), akan diproduksi massal untuk memenuhi kebutuhan “client” yang akan merilis kartu grafis berperforma tingginya pada awal tahun 2018 ini. (Nvidia sendiri akan merilis Volta pada awal tahun 2018)

Memory GDDR6 ini memiliki lebar memory bus yang cukup besar (bila dianalogikan seperti jalan raya, makin lebar jalannya maka makin banyak kendaraan yang bisa lewat bersamaan), yaitu 384-bit yang bila digabungkan dengan kemampuan 16Gbps-nya, maka artinya memory GDDR6 bisa mencapai kecepatan 768GB/s total. Kecepatan ini melampaui cukup jauh kemampuan GTX 1080 Ti dan GTX Titan Xp yang memiliki kecepatan 530GB/s. Sayangnya baru inilah bocoran paling akurat mengenai Volta, supaya tidak ketinggalan beritanya, tetaplah update di hexatekno.com.

Comments