Intro

Setelah beberapa waktu Hexatekno membuat sebuah artikel overclocking processor menggunakan AMD Ryzen Master, kini saatnya untuk lanjut bagaimana melakukan overclocking RAM menggunakan AMD Ryzen Master.

Mungkin banyak yang bertanya, mengapa kita perlu mengoverclock RAM untuk penggunaan daily? Apa sih manfaat meng-overclock RAM? Mengapa RAM perlu kita overclock? Sederhananya melakukan Overclocking pada RAM dapat meningkatkan kemampuan  keseluruhan performa dari kinerja komputer. terutama komputer yang sudah menggunakan platform memori RAM DDR4, perlu diketahui kecepatan DDR4 hingga saat ini mengizinkan running hingga kecepatan lebih dari  3000Mhz.

RAM Support

Semenjak AMD merilis Ryzen, AMD sendiri sudah memberikan gambaran secara umum untuk RAM seperti apa yang dijamin akan berjalan pada kecepatan tertentu. Mengingat Ryzen termasuk platform generasi baru, kompatibilitas RAM adalah masalah utama. Faktor tersebut  membuat overclocking RAM di Ryzen nampak agak pilih-pilih, namun tidak menutup kemungkinan untuk bisa dilakukan. Umumnya user maupun calon user bisa melihat pada bagian support motherboard (bisa dilihat pada website masing-masing vendor motherboard) untuk RAM tipe dan seri apa yang cocok menggunakan setting apa pada kecepatan berapa. Bahkan berbagai forum dan grup, cukup aktif untuk saling berbagi informasi mengenai RAM apa yang bisa dioverclock pada AMD Ryzen ini.

Contoh RAM Single Rank

Umumnya RAM single rank akan bisa dioverclock dengan frekuensi lebih cepat daripada dual rank. Apa itu single rank ataupun dual rank? Singkatnya singkatnya, bila RAM menggunakan IC pada satu sisi saja maka kemungkinan besar RAM tersebut adalah single rank dan bila RAM menggunakan IC pada kedua sisinya maka disebut dual rank.

Ciri-ciri lainnya seperti jenis IC RAM dan lain-lain akan terlalu teknis untuk dibahas pada artikel ini sehingga tidak akan dibahas terlalu detail, namun singkatnya hingga artikel ini ditulis RAM yang bisa dioverclock dengan baik bahkan bisa melebihi kecepatan 3200MHz di platform Ryzen umumnya adalah RAM yang menggunakan jenis IC Samsung  atau RAM yang didesain khusus seperti G.Skill Flare X ataupun jajaran TridentZ Series.

Setting yang diubah

Variabel-variabel yang akan diubah-ubah pada artikel ini yang meliputi Mem VDDIO (Tegangan pada RAM), Mem VTT (umumnya bernilai setengah dari Mem VDDIO), VDDCR SOC (Tegangan SOC), dan memory control seperti memory clock, beserta timing-timingnya. Tegangan SOC sendiri digunakan untuk berbagai controller seperti usb, pcie, IMC (Integrated Memory Controller), dan lain-lain. Kemudian memory control yang berisi kecepatan RAM beserta timingnya.

Comments