Page 2 : Pengujian

Default :

Default

Pertama mengecek dahulu performa memory secara default dengan mengunakan Geekbench 3. Bisa dilihat bahwa pada peforma default, RAM berjalan pada kecepatan 2133MHz. pada kondisi Default, memory mencetak skor sebesar 4273. Setelah mengetahui hasil skor default, segera buka AMD Ryzen Master.

Klik ok dan kemudian lanjut menuju jendela monitoring.

Kemudian memilih profile, pemilihan profile bebas, contoh pada artikel ini kami menggunakan  profile 1.

Kemudian set MEM VDDIO ke 1.35V, MEM VTT ke 0.675V (setengah dari MEM VDDIO), VDDCR SOC ke 1V. Kemudian untuk memory clock di set ke 2400MHz(1200MHz DDR seperti pada gambar) dengan menggesernya ke kanan hingga angka 1200 kemudian untuk timing CAS set ke 14, Raw set 14, RAS set 28, Read Row Column set 14, Write Row-Column set 14. Sehingga RAM akan beroperasi pada 2400MHz cl14-14-14-14-14-28. Sayangnya pada AMD Ryzen Master tidak dapat mengganti CR (Command Rate). Kemudian klik apply dan akan muncul permintaan untuk merestart sistem, klik OK.

Setelah itu PC akan restart dan kemudian bila berhasil akan booting, bila tidak pada beberapa motherboard ryzen akan melakukan percobaan selama beberapa kali seperti pada X370 Taichi kami, biasanya 5 kali untuk mencoba training setting-an memori nya sehingga bisa dilihat motherboard akan terlihat nyala-mati namun sebenarnya hanya mencoba booting dan setelah beberapa kali akan booting. Cek dengan CPU-Z bila settingan memori RAM masih kondisi default artinya overclocking RAM gagal dan perlu menurunkan setting seperti melonggarkan timing atau menaikan voltase MEM VDDIO.

OC 2400MHz cl 14

RAM berhasil dioverclock

Untuk mengecek apakah overclocking RAM berhasil atau tidak, bisa dicek pada CPU-Z. Pada percobaan kali ini kebetulan kami berhasil dan RAM kami sepertinya cukup stabil. Terlihat pada gambar di atas RAM berjalan pada kecepatan 2400MHz dan timing 14-14-14-28. Setelah yakin, buka Geekbench 3 jalankan benchmarking dan apakah akan terjadi peningkatan?.

Bisa terlihat memory performance nya menunjukkan angka 4536, menunjukkan adanya peningkatan dari skor defaultnya.

Comments