Data Videocardz.com

Setelah berbagai berita dan bocoran mengenai processor AMD berspesifikasi 16 core dan 32 Thread beredar, kini muncul data dari sampel processor AMD dengan 16 core dan 32 thread. Data beberapa sampel dirilis oleh situs Videocardz menunjukkan adanya sampel berspesifikasi 16 core, 32 Thread dan diberi nama Whiteraven. Sebuah kabar baik tentunya terutama bagi para penggemar dan entusias AMD.

Dari tabel, terlihat processor Whitehaven ini terlihat memiliki frekuensi dasar sebesar 3.0GHz dan frekuensi boost sebesar 3.6GHz. Selain itu, tidak seperti AMD Ryzen yang baru saja rilis dimana support memory hanya terbatas dual-channel saja, Whitehaven akan support memory hingga quad-channel. Yang sedikit disayangkan adalah Whitehaven nampaknya tidak menggunakan socket AM4 seperti AMD Ryzen dan menggunakan chipset tersendiri sehingga bagi para user AMD Ryzen sepertinya harus membeli motherboard baru bila ingin upgrade ke Whitehaven.

Diagram Whitehaven

Mengingat Intel juga dikabarkan akan merilis Intel Skylake-X dengan spesifikasi up to 12 core, kelihatannya AMD Whitehaven dapat menjadi lawan yang cukup tangguh bagi Intel. Whitehaven juga dikabarkan akan rilis pada pertengahan 2017, tetapi tepatnya kapan masih belum ada kabar resmi dari AMD. Terus update beritanya hanya di hexatekno.com.

Comments