Saat ini biometric telah banyak digunakan pada smartphone, contohnya saja fingerprint scanner yang sekarang sudah jadi fitur andalan smartphone kelas entry level. Selain itu ada juga facial recognition dan iris scanner yang ada di Samsung Galaxy S8 dan smartphone lain kelas atas.

Meskipun Samsung telah mengklain bahwa iris tidak mungkin untuk ditiru, tapi sebuah tim hacker dari Eropa berhasil membobolnya. Dalam videonya, Chaos Computer Club (CCC) memperlihatkan bagaimana mereka membobol iris scanner Galaxy S8.

Proses yang dilakukan cukup sederhana. Hacker memotret bagian mata sang pemilik ponsel menggunakan digital camera dengan fitur night mode. Kemudian mencetak gambar inframerah tersebut dengan mengatur kontras dan brightness gambar terlebih dahulu. Dilansir dari Mashable, salah satu anggota CCC, Jan Krissler aka “starbug” bahwa mereka telah melakukan uji coba dengan tiga printer dengan variasi lima hingga sepuluh gambar tiap printer. Akhirnya mereka berhasil mendapatkan gambar yang sesuai dengan printer yang juga dari Samsung.

Hal tersebut telah ditanggapi oleh Samsung terkait dengan iris scanner pada S8 yang berhasil dibobol.

“We are aware of the issue, but we would like to assure our customers that the iris scanning technology in the Galaxy S8 has been developed through rigorous testing to provide a high level of accuracy and prevent attempts to compromise its security, such as images of a person’s iris. If there is a potential vulnerability or the advent of a new method that challenges our efforts to ensure security at any time, we will respond as quickly as possible to resolve the issue.”

Penasaran bagaimana prosesnya yang sepertinya cukup mudah dilakukan? 😀 Simak video berikut

Comments