Pada ajang Computex 2017 di Taipei beberapa waktu lalu, AMD sempat sedikit memperlihatkan dan mempresentasikan mengenai sebuah processor yang sempat menjadi rumor ketika peluncuran processor Ryzen, yaitu AMD Ryzen APU.

Berbeda dengan processor Ryzen seperti pada notebook ASUS ROG, Ryzen APU ini memiliki IGP (Intergrated Graphic Unit) yang artinya tidak memerlukan GPU tambahan untuk beroperasi seperti pada laptop ASUS ROG dimana perlu RX580 untuk dipasangkan dengan mobile Ryzennya. Juga bila dibandingkan dengan mobile APU generasi sebelumnya, AMD mengklaim Ryzen APU memiliki performa CPU 50% dan performa GPU 40% lebih tinggi walau memiliki daya lebih rendah sekitar 50%.

Sebuah sampel engineering dari AMD berupa sebuah laptop tipis pun sempat dipamerkan. Laptop dengan tebal kurang dari 15mm itu menggunakan APU Ryzen mobile dengan mengusung spesifikasi 4 Core 8 Thread Zen Core dengan Vega Graphics sebagai IGP-nya. Belum dipastikan mengenai spesifikasi dari Ryzen APU ini seperti berapa Compute Unit (CU) yang terdapat pada IGP-nya.

Namun yang pasti IGP tersebut berbagi arsitektur dengan AMD RX Vega, VGA high end dari AMD yang dikabarkan akan launching tahun ini. Juga arsitektur dari APU itu sendiri secara keseluruhan diklaim AMD sebagai APU hemat daya. AMD Ryzen mobile APU sendiri dikabarkan akan launching pada sekitaran pertengahan kedua tahun 2017 mendatang. Jadi, jangan ketinggalan beritanya hanya di hexatekno.com

Comments