Google dikabarkan sedang mempersiapkan senjata untuk pengembangan smartphone andalan mereka. Sebelumnya, Google mengabarkan bahwa memang akan menggunakan chip sendiri untuk Pixel generasi selanjutnya. Untuk itu, perusahaan yang bermarkas di Mountain View ini merekrut veteran hardware engineer dari Apple.

Manu Gulati, mantan karyawan Apple yang bekerja di divisi chip selama hampir delapan tahun hingga April 2017 tersebut direkrut Google menjadi chief bagian Arsitek SoC (System on a Chip). Gulati berperan dalam pengembangan Apple SoC A-series yang terkenal sangat efisien dan powerfull untuk iOS. Tak hanya di Apple , dia sebelumnya juga bekerja di perusahaan besar seperti Broadcom dan Advanced Micro Devices (AMD).


Google tampaknya semakin serius menggarap bisnis hardware yang dimulai tahun lalu dengan Pixel dan Pixel XL. Dengan chip buatan sendiri, Google tidak lagi bergantung kepada pemasok chipset smartphone terbesar saat ini , Qualcomm. Selain itu chip tersebut dapat disesuaikan dengan fitur dan kebutuhan untuk smartphone maupun perangkat lain Google yang akan datang.

 

Comments