Page 3 : Suhu dan Konsumsi Daya

Uji Suhu dan konsumsi daya

Pada pengujian kali ini, akan diukur suhu dan juga konsumsi daya keseluruhan sistem dari test rig pada keadaan idle (basically nyala gak ngapa-ngapain) dan juga full-load (terbebani) baik ketika default maupun di-overclock. Untuk skenario CPU full-load (hanya CPU yang terbebani) software yang digunakan adalah prime95 dengan setting FFT 1344.

Default

Pada keadaan default processor terlihat cukup standar. Ketika idle dengan suhu mencapai 28°C dan konsumsi daya seluruh sistem (kecuali monitor) mencapai 60W sementara ketika full-load suhu CPU mencapai 51°C dan konsumsi daya mencapai 160W.

3.9GHz @1.375V

Saat di-overclock, suhu idle masih berkisar di 28°C dan konsumsi daya mencapai 65W. Bisa terlihat hanya terdapat kenaikan sekitar 5W pada keadaan idlenya. Sementara pada keadaan full-load suhu CPU mencapai 68°C dengan konsumsi daya sistem sebesar 192W. Terdapat peningkatan sebesar 32W dari keadaan default nya.

Panas yang dihasilkan pun sepertinya tidak sebanyak Ryzen 5 1400 yang kemarin sempat di review karena processor R5 1600 kebetulan saja bisa mencapai stabilitas pada tegangan pada 1.375V. Tentu saja Ryzen 5 1600 lain bisa jadi membutuhkan tegangan yang sedikit berbeda entah lebih rendah maupun lebih tinggi dari yang direview hexatekno kali ini.

Suhu
Daya

Comments