Opus adalah audio codec yang fokus pada transmisi audio melalui internet seperti Voice over IP, konferensi video, in-game chat, maupun music streaming. Opus sendiri merupakan salah satu project dari Xiph.org, organisasi nonprofit yang bertujuan untuk mendukung dan mengembangkan open software dan open protocol kepada publik. Salah satu project Xiph yang populer di dunia audio adalah FLAC (Free Lossless Audio Codec).

Nah, baru-baru ini Xiph.org merilis Opus Audio Codec lipopus 1.2 enconder. Peningkatan di versi terbaru ini adalah Opus dapat digunakan untuk fullband stereo audio pada 32 kb/s saja. Tentunya hal ini sangat menguntungkan dimana kalian dapat merasakan sensasi audio berkualitas tinggi disaat koneksi internet lambat. Selain itu peningkatan lainya yang dibawa Opus 1.2 yaitu voice streaming pada 14 kb/s, lebih efisien 7 kb/s dari Opus versi 1.1. Bitrate yang semakin rendah tentunya meringankan proses encode maupun decode file tersebut. Pada Update libopus 1.2, performa yang digunakan untuk decode 128 kb/s stereo music hanya butuh 11 MHz pada Intel i7 generasi Haswell, atau 33 Mhz pada ARM Cortex-A53. Sedangkan pada mono speech, power yang digunakan hanya 2 MHz pada CPU Intel Haswell dan sekitar 6 Mhz pada ARM Cortex-A53. Sangat efisien bukan?

Benchmark Penggunaan CPU Opus 1.2 (source: XDA)

Dengan lisensi yang bersifat free, Opus dapat diterapkan di berbagai perangkat maupun .  Hasil performa yang mengejutkan dari update kali ini dimana kalian dapat menikmati audio kualiatas tinggi dengan bitrate hanya 32 kb/s tentunya berharap codec Opus akan dikembangkan lebih lanjut apalagi jika mengingat persebaran kecepatan internet di dunia, khususnya di Indonesia  masih belum merata.

Pengen ngerasain gima kualitasnya? disararnkan pake headset ya..

Music Demo Opus 1.2 at 32 kbps

bandingkan dengan file MP3 hasil konversi fari FLAC berikut

gimana menurut kalian? lumayan ngga?

Source XDA

Comments