Perkiraan Harga Bristol Ridge

Setelah tahun lalu AMD “meramaikan” pasar mobile dengan processor Excavator-nya pada platform mobile, kali ini AMD turut meramaikan pasar low-end Desktop dan entry-level PC dengan merilis APU dengan socket AM4.

Setelah processor Intel Pentium G4560 mengalami mengalami penurunan supply dan bahkan mengalami kenaikan harga, AMD sepertinya melakukan langkah yang tepat untuk merilis Bristol Ridge suntuk menjadi saingan berat dari Intel Pentium dengan 2 core / 4 thread.

Meskipun memiliki arsitektur 28nm ( vs Intel Pentium G4560 yang memiliki arsitektur 14nm ), namun performanya boleh dibilang tidak ketinggalan dibandingkan dengan lawannya.

Seluruh Line-up Bristol Ridge, source : anandtech
Tes Performa
Cinebench R15 Multithreaded, source : anandtech
CinebenchR15 singlethreaded, source : anandtech

Sebuah website Korea, bodnara memasangkan AMD APU A12-9800 pada sebuah motherboard Gigabyte dan dengan keadaan default mencetak skor Cinebench R15 334 untuk multithreaded dan 96 untuk single threaded.

CPU-Z, source : HWbot
Testrig, source : bodnara

Bahkan seorang overclocker Korea dengan nickname NAMEGT berhasil mencetak skor Cinebench R15 multithreaded sebesar 380 mengoverclock A12-9800 ke 4.8GHz hanya dengan mengubah multipliernya saja ( ya, processor unlocked meskipun tidak terdapat -K di belakang seri processornya ) menggunakan sebuah motherboard ASUS AM4 Octopus yang belum dirilis ke publik dan juga AMD Wraith Cooler 125W namun tidak diketahui apakah frekuensi tersebut bisa dicapai dengan mudah ataukah hanya “The Chosen One” saja.

IGP

Berikut perbandingan dari IGP Bristol Ridge :

Perbandingan IGP Bristol Ridge, source : anandtech

 

IGP yang digunakan pada Bristol Ridge pun dikabarkan menggunakan GCN 1.3 ( atau GCN 3.0, basically sama, hanya beda nama ) yang yang merupakan arsitektur yang sama dengan seri R9 Fury sehingga nampaknya memiliki performa diatas IGP dari APU generasi sebelumnya.

Maka bisa performa IGP-nya dapat memiliki performa lebih tinggi daripada APU pada platform FM2+ apalagi dibantu dengan RAM DDR4 yang bisa di setting lebih kencang daripada APU generasi sebelumnya.

Tidak lupa beberapa display yang di-support oleh Bristol Ridge :

– DVI, 1920×1080 @60Hz

– DisplayPort 1.2a , 4096×2160 @60Hz ( bisa freesync )

– HDMI 2.0 , 4096×2160 @60Hz

– eDP, 2560×1600 @60Hz

Untuk mengecek akan lebih disarankan untuk membaca informasi dari motherboard apakah mampu atau tidak.

Kesimpulan
AMD Bristol Ridge

Bila dibandingkan dengan processor berarsitektur Excavator sebelumnya yaitu AMD X4 845 yang pernah dirilis pada platform FM2+, Bristol Ridge memiliki beberapa peningkatan seperti menggunakan platform AM4 dan juga support DDR4 RAM serta multipier bisa diubah-ubah sehingga memiliki potensi performa yang jauh diatas X4 845. Harga yang ditawarkan serta performa yang dimilikinya juga nampaknya menjadi daya tarik tersendiri terutama untuk Budget PC.

Sekian berita Bristol Ridge, update terus berita mengenai Bristol Ridge hanya di hexatekno.com.

Comments