Page 5 : Kesimpulan

Berbagai macam HSF dipasaran

Dari tabel hasil pengujian dapat dilihat bahwa kemampuan cooling dari HSF seken yang didapat dari “hunting” ternyata memiliki performa yang masih baik apalagi bila dilihat kondisinya tidaklah muda lagi ( bagaikan orang tua berjiwa muda, eaaa ). Namun sedikit sayang kebetulan sedang tidak ada HSF lain pada harga serupa yang dalam kondisi new untuk perbandingan performa sehingga para pembaca boleh berharap ada artikel lanjutan dari artikel ini mengenai perbandingan HSF bekas dan baru di harga yang sama ( doakan supaya usaha mewujudkannya lancar 🙂 )

Dari hasil pengujian dapat dilihat pula bahwa hardware seken belum tentu memiliki performa yang sering dikatakan “ampas” asalkan pandai memilih.

Pilih yang mana?

Untuk mempermudah pencarian, Hexatekno berikan beberapa tips memilih CPU Cooler seken dipasaran :

  1. Jangan terburu-buru, telitilah dalam membeli

Carilah perlahan-lahan dan jangan terlalu termakan oleh harga produk. Namun perhatikan hal-hal lain pula, seperti kondisi produk, garansi dari seller, dan juga mengenai seller itu sendiri. Pastikan seller terpercaya dan apabila ragu bisa gunakan rekber atau bertanya di grup atau FJB mengenai seller tersebut.

  1. Beli sesuai budget

Apabila barang yang dicari pada budget yang ditentukan tidak ada, jangan dipaksakan untuk membeli yang lebih tinggi. Ingat makan juga butuh uang ( based on true story, uang bulanan sampe mepet :’) ).

  1. Banyak berdoa

Berdoa juga penting supaya apa yang dilakukan bisa menjadi berkah bagi seller dan juga buyer. Tidak lupa berdoa supaya bisa menemukan “best deal” dan tidak ditikung. ( berdasarkan pengalaman, sakit rasanya :’) )

  1. Cari informasi mengenai produk yang dicari / dibeli

Sebelum membeli, pastikan produk yang dicari atau hendak dibeli memiliki “value” yang bagus. Sehingga melihat review dan perbandingan CPU Cooler bisa membantu memahami sejauh apa kemampuan Cooler nanti.

  1. CPU Cooler yang sudah dimod (modifikasi) belum tentu menjadi lebih jelek

Terkadang CPU cooler dijual dalam keadaan sudah dimodifikasi ( ganti fan yang paling sering dilakukan ), namun perlu dicermati apakah modifikasi tersebut hanya menambahkan estetika semata atau memang benar-benar meningkatkan performa cooling.

  1. Malu bertanya sesat di FJB

Jangan sungkan dan malu apalagi segan untuk bertanya mengenai cooler yang akan dibeli. Banyak sekali grup hardware enthusiast yang siap menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar cooler tersebut. 

Sekian guide sederhana dari Hexatekno, jangan ketinggalan guide bekas lainnya, hanya di hexatekno.com

 

Comments