Pada tanggal 14 November kemarin, HTC, pelopor teknologi inovatif Smart Mobile dan Teknologi Virtual Rality (VR) telah mengadakan konfersi pengembangan VIVE 2017 (VDC2017), dimana HTC mengumumkan ‘VIVE WAVE’ platform VR  yang akan membuka jalan bagi mobile VR content developer serta pengoptimalan perangkat untuk partner third party-nya.

HTC VIVE Focus Wave – Alvin Wang Graylin. sc : vive.com

12 partner perangkat keras ini yaitu 360QIKU, Baofengmojing, Coocaa, EmdoorVR, Idealens, iQIYI, Juhaokan, Nubia, Pico, Pimax, Quanta dan Thundercomm mereka mendukung untuk integrasi Vive Wave serta platform VIVEPORT VR ke produk masa depan mereka. Vive Wave merupakan jalan terang untuk menyatukan pasar mobile VR yang sangat terfragmentasi yang telah berkembang di China dalam beberapa tahun terakhir. lebih dari 35 content developer China dan global telah membangun konten VR yang dioptimalkan untuk Vive Wave, dengan menampilkan 14 demo langsung pada acara tersebut, selain itu Vive juga meluncurkan ‘VIVE FOCUS’ yang merupakan headset VR Standalone premium yang sangat dinanti di pasar china yang juga berbasis pada open platform Vive Wave VR.

Market HTC Vive Standalone di China

Vive Focus menawarkan kenyamanan untuk penggunaan lebih lama, kemampuan on-off yang mudah dan merupakan perangkat standalone pertama yang memberikan 6-degree-of-freedom (6DoF), Vive menyebut ini dengan “World Scale” Tracking. Vive Focus memberikan kebebasan bergerak tanpa batas karena perangkat ini  tidak terhubung dengan PC ataupun Mobile. Layar Amoled beresolusi tinggi juga memberikan pengalaman VR terbaik dengan latency rendah dan kejelasan grafik yang baik pula. Vive Focus didukung oleh fitur canggih dengan Snapdragon 835 VR, Viveport juga menyediakan library content VR yang cukup banyak di dalamnya,  Vive Focus akan hadir dengan kontroler 3DoF.

Vive Focus
Vive Focus
Vive Focus
Vive Focus
Vive Focus

Vive Wave VR SDK menawarkan User Interface terbuka yang memungkinkan interoperabilitas antara berbagai headset dan aksesoris VR mobile, dengan Viveport sebagai platform konten untuk perangkat yang kompatibel. Hal ini memungkinkan pengembang konten VR untuk secara lebih efisien lebih perhatian mengembangkan konten sambil menawarkan jangkauan pelanggan potensial yang jauh lebih luas kepada beberapa vendor. Sementara itu, mitra perangkat keras dapat berfokus pada inovasi perangkat versus pengoptimalan VR mendasar, dengan akses ke konten VR yang sangat dibutuhkan melalui platform Viveport. 500 kartu reservasi untuk mendapatkan prioritas untuk menerima Vive Wave Dev Kit (termasuk Vive Focus) diberikan kepada pengembang berkualitas di tempat. Pengembang Vive Wave yang berminat dan tidak datang ke acara dapat langsung mendaftar secara online di portal pengembang Vive: hub.vive.com/zh-CN/developer-portal . Vive akan memilih pengembang berdasarkan kualitas aplikasi yang diajukan.

“Kami senang bahwa platform Vive Wave VR terbuka menerima dukungan industri yang kuat dari mitra perangkat keras dan pengembang”. Kata Alvin Wang Graylin, Presiden Regional China Vive, HTC. “Sebagai pemimpin industri VR di China, adalah tugas kami untuk membantu mengurangi fragmentasi pasar dan menyediakan pengembang konten dengan lebih banyak cara untuk menghasilkan uang. Vive Wave akan menjamin konsistensi yang lebih tinggi dalam pengalaman pengguna pada berbagai perangkat VR mobile di berbagai harga. poin, membuat kualitas VR lebih mudah diakses ke pasar massal. Terlebih lagi, dengan Focus Vive baru, kami sangat antusias untuk menghadirkan pengalaman berkualitas tinggi 6DoF VR, yang sebelumnya hanya tersedia pada perangkat yang ditambatkan, dengan faktor bentuk yang lebih mudah dan portabel. ”

“Seiring dunia terus menjadi lebih mobile dan terhubung, kami telah bekerja sama dengan Vive meskipun Program Akselerator HMD dan fitur perangkat lunak VR yang canggih untuk memungkinkan pengalaman realitas virtual yang mendalam tanpa kebutuhan akan kabel atau PC” kata Hugo Swart, senior direktur, manajemen produk, Qualcomm Technologies Inc. “Kombinasi daya ultra-rendah Snapdragon, VR performa tinggi ditambah dengan platform terbuka Vive Wave VR yang baru akan membantu pengembang konten memberikan pengalaman VR terbaik di kelasnya kepada pengguna.”

Vive juga mengumumkan kemitraan strategis global dengan platform pengembangan VR Unity Technologies yang terkemuka untuk memungkinkan penerbitan konten VR one-click ke Viveport untuk pengembang PC dan mobile. Unity akan mengintegrasikan Viveport ke dalam platform konten Unity dan memberikan cara yang lebih intuitif bagi para pengembang untuk memanfaatkan SDS VR Vive Wave yang baru. Selain itu, Unity juga akan mengintegrasikan pembayaran dalam aplikasi Vive dan fungsi iklan VR ke dalam sistem pengembangannya, dengan fokus awal pada pasar China, membuka lebih banyak peluang pendapatan bagi komunitas pengembang VR-nya.

Pada VDC tahun ini, Vive juga mengumumkan peluncuran Viveport Developer Awards (VDA2) tahunan, yang mengundang pengembang VR / AR dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dan dikenali atas kreativitas dan inovasi mereka. Informasi lebih lanjut mengenai kategori, proses seleksi, dan hadiah akan dirilis pada bulan Desember.

 

Comments