Page 7 : Konsumsi Daya dan Suhu

  • POWER CONSUMPTION
Wattmeter

Kami menggunakan power meter untuk mengukur konsumsi daya dari sistem yang kami uji. Kami hanya mengukur sistem secara kesuluruhan.

Power Konsumsi

Konsumsi daya yang dibutuhkan saat melakukan Streesing menggunakan software prime95, processor AMD Ryzen Threadripper 1950X ketika dalam kondisi default non overclock memakan daya hingga 273 Watt pada saat full load dengan mengaktifkan seluruh core dan thread yang ada. Selisih sekitar 30 watt saat hanya menggunakan konfigurasi 8 core 16 thread (Game Mode). Namun saat di overclock hingga 4.1 GHz, prosesor ini membutuhkan daya hingga 393 Watt dalam kondisi full load dengan Creator Mode dan membutuhkan daya 332 watt saat menggunakan Game Mode. Bagi kalian yang berencana membangun sebuah platform X399 kami sarankan untuk menggunakan PSU minimal 550W dengan sertifikasi Bronze-Gold.

  • TEMPERATURE
Suhu

Suhu kerja yang dihasilkan saat melakukan Stressing menggunakan software prime95, prosesor AMD Ryzen Threadripper 1950X tergolong memiliki suhu yang cukup tinggi, pada testbed kali ini kami menggunakan watercooling closeloop. Pada kondisi default suhu full load mencapai 77 derajat Celcius, sementara saat di overclock 4.1 GHz suhu prosesor ini mencapai 84 derajat Celcius! Bagi Anda yang ingin membangun PC dengan platform Ryzen Threadripper 1950X, kami juga sangat menyarankan menggunakan solusi pendingin yang sangat bagus mengingat suhu prosesor ini tergolong cukup tinggi ketika dalam keadaan full load.

Comments