Sebuah kiriman dari Elmor, anggota forum Overclock.net mengindikasikan AMD mulai merilis AGESA 1.1.0.0. AGESA adalah microcode untuk menginisialisasi prosesor dan berbagai controller pada sistem berbasis AMD. Pada kirimannya, Elmor mengunggah sebuah BIOS beta terbaru untuk Crosshair VI Hero versi 3101 dengan AGESA tersebut. Versi 1.1.0.0 ini merupakan yang terbaru sejak munculnya versi 1.0.0.7 yang mendukung APU Raven Ridge.

Melihat dari roadmap AMD untuk 2018, kuat dugaan microcode terbaru ini dirilis untuk mendukung Pinnacle Ridge. Pinnacle Ridge dibuat menggunakan arsitektur Zen+ dengan fabrikasi 12nm LP FinFET dan dukungan chipset 400-series. AMD menjanjikan Pinnacle Ridge untuk tetap menggunakan socket AM4. Diperkirakan AMD akan merilis Pinnacle Ridge pada Februari 2018.

Selain itu, pada thread di forum tersebut muncul pula kiriman dari seorang anggota bernama 1usmus yang menemukan dukungan teknologi baru AMD yaitu XFR 2.0, Intelligent Overclocking Scalar Control, dan overclocking RAM hingga 4 GHz. Ia juga menyebutkan kemampuan overclocking RAM pada Ryzen akan meningkat setidaknya 2 strap dibandingkan AGESA sebelumnya.

Melihat potensi AMD yang bisa ditingkatkan hanya dengan rilis microcode, sangat menarik untuk menunggu kejutan AMD selanjutnya. Apakah 2018 akan menjadi momen kebangkitan AMD (lagi)?

Comments