Intro

Tahun 2017 menjadi tahun yang sangat menarik. Berbagai rilis dan inovasi yang muncul, teknologi yang terus berkembang, dan komunitas yang semakin guyub menjadi kata kunci di 365 hari yang menginspirasi. Untuk itu, Hexatekno akan merangkum berbagai peristiwa di dunia teknologi yang terjadi selama setahun untuk dikenang di tahun-tahun berikutnya. Berikut adalah editorial akhir tahun 2017 dari Hexatekno.

AMD Merilis Ryzen

AMD memilih momen yang tepat untuk meluncurkan prosesor terbaru mereka. Prosesor yang dibangun dengan arsitektur Zen dan litografi 14nm ini secara mengejutkan muncul untuk mengguncang dominasi Intel di ranah prosesor PC. Diumumkan pada Desember 2016 dan dirilis pada Maret 2017, Ryzen memberikan performa yang bersaing dengan banderol harga yang menarik. Dukungan teknologi terbaru seperti NVMe dan DDR4 pada Ryzen menjadikan platform terbaru AMD ini tidak dapat dilihat sebelah mata,

Intel Merilis Coffeelake

Persaingan yang baru dari AMD Ryzen memaksa Intel untuk merilis Coffeelake lebih awal dari rencana. Direncanakan untuk rilis pada 2018, Intel menarik jadwal rilis Coffeelake menjadi Oktober 2017. Memiliki core lebih banyak dari Kabylake dengan performa per core dan clock yang mirip, Coffeelake berusaha mengambil kembali pasar prosesor PC yang direbut oleh Ryzen. Saat ini, Intel Coffeelake masih menjadi prosesor terkencang untuk skenario gaming PC.

Pertambangan Digital Menggila

Pada tengah tahun 2017, dunia mengalami krisis GPU. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan kartu grafis untuk diaplikasikan menjadi alat pertambangan digital (mining). Harga berbagai macam cryptocurrency yang terus menanjak hingga puluhan kali lipat dan kelangkaan flash memory menjadikan banyak kartu grafis hilang dari peredaran. Menuju akhir tahun 2017 beberapa kartu grafis mulai dapat ditemui namun dengan harga yang sangat melonjak dibanding harga rilis awal.

DDR4 Mahal

Kelangkaan chip NAND dan meningkatnya permintaan menjadi alasan di balik peristiwa yang satu ini. Berbagai industri seperti ponsel pintar, PC, serta berbagai sistem embedded meningkatkan permintaan chip NAND. Harga memori DDR4 pada pengujung 2017 lebih mahal sekitar 1.8x lipat dibandingkan awal tahun 2017.

Nvidia Merilis Titan V

Nvidia merilis Titan V pada Desember 2017. Kartu grafis dengan arsitektur Volta dan memori HBM2 menjadi raja di dunia kartu grafis saat ini. Di tengah kegagalan AMD dalam mengusung Vega untuk menggeser Pascal dari singgasananya, Nvidia semakin menggigit dengan kehadiran kartu grafis terbaru ini.

ERGEBEH EVERYWHERE!!

Disclaimer: tulisan di bawah ini merupakan opini pribadi penulis.
Terus terang, saya pribadi (Laatansa) heran dengan kegilaan yang satu ini.
Kipas RGB? Oke.
Keyboard dan mouse RGB? Masih masuk akal.
RAM RGB? What?
Motherboard RGB? STAHP!
PSU RGB? PLS NOOOOOO!!!

dan terakhir…

Hexatekno!

Pada 1 Maret 2017, kami mulai merintis sebuah media IT yang bernama Hexatekno.com. Didirikan oleh dua sekawan mas Beny Mustofa dan Fathin Mubarak, kami berharap media ini dapat menjadi wadah kreatif kami selaku pembuat konten dan sumber informasi bagi pembaca. Selain menjadi sumber informasi, media ini diharapkan menjadi platform berbagi ilmu dan menjadi pilihan nomor 1 pembaca dalam memperdalam pengetahuan di bidang IT.

Berikutnya ada pesan dan harapan dari kami selaku redaksi dan pembuat konten dari Hexatekno.com.

Comments