Page 9 : Power Consumption & Suhu

  • POWER CONSUMPTION
    Watt Meter

Kami menggunakan power meter untuk mengukur konsumsi daya dari sistem yang kami uji. Kami hanya mengukur sistem secara kesuluruhan. Pada pengijian power konsumsi, disini kami melakukan stressing Prime95 selama 30 menit pada kondisi Intel Core I7 8700K default+ memory running XMP 4000Mhz, dan kondisi OC 5,4Ghz + memori running 4000Mhz. Penggunaan saat OC 5,4 memberikan kinerja ekstra, tetapi harus di bayar dengan konsumsi listrik yang meningkat di banding saat menggunakan saat Default.

Power Konsumsi (Lower is Better)

Melihat power konsumsi yang dihasilkan saat melakukan Streesing menggunakan software prime95, I7 8700K dalam kondisi default + memory running XMP 4000Mhz memakan daya hingga 157 Watt pada full load, sementara saat di overclock hingga 5.4 Ghz + memory running XMP 4000Mhz membutuhkan daya hingga 213 Watt dalam kondisi full load. Jadi bagi kalian yang berencana menggunakan platform Coffee Lake dan motherboard ASUS Maximus X Apex, kami merekomendasikan untuk menggunakan PSU dengan kapasitas di atas 500W dan bersertifikasi 80+ bronze atau gold.

  • TEMPERATURE
Suhu (Lower is Better)

Melihat suhu kerja yang dihasilkan, kami rasa Intel berhasil membuat Intel Coffee Lake tetap dingin, biarpun terdapat penambahan jumlah core dan thread yang lebih banyak di banding Intel Kabylake. Terlihat pada tabel di atas suhu kerja maksimum Intel Core I7 8700K default berada di angka 61°C tergolong aman untuk penggunaan harian. bahkan saat kondisi CPU ter-OC pun suhu kerja maksimum hanya menyentuh di angka 75°C masih cukup aman mengingat masih di bawah angka 80°C dan kita mendapatkan peforma extra dengan melakuakan overclocking.

Comments