Pada perhelatan CES 2018 di Las Vegas, Intel telah mengumumkan prosesor terbaru buatannya yang mana prosesor ini hadir dengan kartu grafis Radeon RX Vega M dari AMD. Intel menyebut prosesor spesial ini dengan prosesor Intel Core G Series. Intel mengumumkan empat seri prosesor Intel G Series ini yaitu Intel Core i7-8809G, Core i7-8709G, Core i7-8705G dan Core i5-8305G. Berikut detail spesifikasinya :

sumber : anandtech.com

Keempat prosesor Intel Core G Series ini dibekali dengan Hyper-Threading dan IGP Intel HD 630 GT2 yang hanya bekerja ketika memutar video maupun Quick Sync. Ada dua varian GPU Radeon RX Vega M yang digunakan pada prosesor Intel Core G Series ini, yaitu varian GH yang merupakan varian tertinggi dan menawarkan jumlah compute unit sebanyak 24 serta base gpu frequency 1063MHz dengan boost clock hingga 1190MHz.

Selain itu ada varian GL yang merupakan varian terendahnya dan dibekali jumlah compute unit sebanyak 20 dan base gpu frequency 931MHz dengan boost clock 1011 MHz. Kedua varian GPU Radeon RX Vega M ini memiliki memory 4GB HBM2. Khusus prosesor Intel Core i7-8809G, prosesor ini dapat dioverclock. Adapun prosesor dan IGP Intel HD 630 dapat dioverclock via Intel XTU, sedangkan GPU frequency dan HBM2 dapat dioverclock via AMD Radeon Wattman.

sumber : Anandtech

Intel mengatakan bahwa prosesor Intel Core G Series ini nantinya juga akan dihadirkan di lini produk NUC. Intel mengklaim bahwa prosesor Intel Core G Series ini performanya dapat melebihi prosesor Intel generasi ke 8 Core i7 U Series yang dikombinasikan dengan GTX1050.

Source : Anandtech

Comments