Intro

Gamer PC pada awal tahun 2018 ini mulai merasakan kembali kelangkaan bahan baku merakit PC gaming (baca: kartu grafis). Sama seperti pertengahan tahun 2017 lalu, kelangkaan kartu grafis menyebabkan harga senjata utama gamer PC ini meroket melambung jauh terbang tinggi. Hingga tulisan ini diterbitkan, harga kartu grafis yang sebelumnya sudah relatif tinggi kembali naik sekitar 10-15%.

Berdasarkan sumber terpercaya dari beberapa dealer penjualan komponen PC, forum jual beli, dan marketplace online, kami menemukan beberapa contoh kenaikan harga yang relatif brutal terjadi pada kartu grafis baik dari AMD Radeon maupun Nvidia Geforce. Bahkan dengan harga setinggi itupun belum tentu ada stoknya. Hmmm, waktunya beralih ke solusi grafis terintegrasi Intel HD Graphics?

Hasil survey kami ke sebuah marketplace lokal. Harga 28 Desember 2017 ke 9 Januari 2018 naik hampir 1 juta rupiah!

Hal ini mengakibatkan keresahan pengguna yang ingin merakit PC gaming baru maupun mengupgrade kartu grafisnya di awal tahun 2018 ini. Kelangkaan ini dipicu oleh pemborongan kartu grafis besar-besaran dari penambang koin kripto (cryptocurrency miner) serta melonjaknya permintaan NAND flash sebagai bahan baku memori VRAM. Uniknya, walau terjadi penurunan harga berbagai koin kripto, permintaan kartu grafis tetap tinggi di awal tahun ini.

BTC anjlok di awal tahun 2018

Disadur dari ComputerBase.de, Nvidia meminta retailer dan partner untuk menjual GPUnya kepada gamer sebagai target utama penjualan Nvidia. Tujuannya agar kartu grafis Geforce tetap tersedia untuk target pasar utama mereka. Berikut adalah pernyataan dari Boris Böhles, juru bicara Nvidia pada situs ComputerBase.de

Boris Böhles, juru bicara Nvidia (dialihbahasa dari Bahasa Jerman):
Bagi Nvidia, gamer lebih utama. Semua kegiatan terkait produk Geforce kami ditargetkan pada audiens utama kami. Untuk memastikan bahwa gamer Geforce selalu memiliki ketersediaan kartu grafis Geforce yang baik dalam situasi saat ini, kami merekomendasikan agar mitra dagang kami menyesuaikan kebutuhan gamer seperti biasa.

Nvidia meminta retailer dan partner untuk menjual GPUnya kepada gamer sebagai target utama penjualan Nvidia.

Sebagai gambaran, pemborongan kartu grafis yang dilakukan oleh para penambang koin kripto bisa mencapai 20 unit kartu grafis dalam sekali pembelian! Dari pantauan kami di beberapa dealer di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pembelian sejumlah besar stok kartu grafis hampir selalu menghabiskan seluruh stok kartu grafis dealer tersebut. Dealer mana yang tidak tertarik dengan penjualan besar nan menguntungkan tersebut? VIVA LA CHUAN!

Comments