Efek Jangka Panjang

Contents

Pembelian skala besar serta kenaikan harga kartu grafis yang disebabkan oleh kegilaan penambangan (mining craze) ini dapat memberikan keuntungan besar bagi pembuat chip, vendor, distributor, maupun dealer. Namun di sisi lain, pasar utama kartu grafis yaitu gamer akan menjadi konsumen kelas dua dengan munculnya para penambang ini. Hal ini dapat sedikit banyak merusak citra “produk gaming” yang telah dibangun bertahun-tahun.

Namun di sisi lain, pasar utama kartu grafis yaitu gamer akan menjadi konsumen kelas dua dengan munculnya para penambang ini.

Apalagi bila terjadi penurunan minat penambangan koin, tentunya produk kartu grafis bekas akan membanjiri pasar yang mengakibatkan minat pembeli pada produk baru menurun dengan adanya pilihan “seken murah gan!”. Pembuat chip, vendor, distributor, dan dealer sepatutnya dapat mengantisipasi hal tersebut sebelum terjadi. Sangat merugikan untuk menjual stok yang sudah ada bila terjadi penurunan harga yang signifikan pada pasar.

Akhir kata, mari menikmati bermain game di konsol dan grafis terintegrasi. Atau lebih baik lagi, berdoa agar pendapatan bisa ikut naik seiring kenaikan harga senjata bermain game PC. Happy gaming!

Comments