Samsung Electronic, vendor chip memory terbesar didunia mengumumkan bahwa perusahaan tersebut mulai memproduksi memory 16GB Graphic Double Data Rate 6 (GDDR6) untuk processor grafis. Memory tersebut disiapkan untuk kebutuhan gaming, automotive, network serta artificial intelligence.

Dibuat dengan  teknologi 10 nm, GDDR6 memory hadir dengan kapasitas 16 GB, dua kali lipat dibandingkan produksi 20 nm GDDR5 dengan kapasitas 8GB saja. Dengan desain circuit yang baru, GDDR6 hanya membutuhkan 1.35V untuk beroprasi, sedangkan pada GDDR5 membutuhkan 1.55V, apabila dihitung maka peningkatan efisiensinya sekitar 35%. Chip tersebut mempunyai pin speed 18Gbps dengan kecepatan transfer data mencapai 72GBps.

Samsung tampaknya akan mengusai chip pada kartu grafis generasi mendatang. Dengan pengingkatan performa, kapasitas maupun efisiensi energi, 16GB GDDR6 tentunya akan menjadi andalan berbagai kebutuhan seperti 8K UHD video processing, VR, AR, AI dan Gaming tentunya.  Dengan line up terbaru Samsung untuk memory grafis baik 18Gbps 16GB GDDR6 maupun yang beberapa waktu lalu diumumkan , 2.4Gbps 8GB HBM2, Samsung berharap dapat secara dramatis mempercepat pertumbuhan pasar memory premium dalam beberapa tahun kedepan.

sumber

Comments