Samsung meluncurkan SZ985 Z-SSD berukuran 800GB untuk penggunaan bisnis. Z-SSD 800GB dikembangkan pada 2017 dan menyediakan solusi penyimpanan untuk data cache kecepatan tinggi serta pemrosesan data log. Samsung menargetkan pasar AI, big data, serta IoT.

Samsung Z-SSD Chips

“Dengan 800GB Z-SSD kami berharap dapat berkontribusi signifikan untuk memperkenallkan sistem superkomputer next-gen di masa depan, memungkinkan peningkatan efisiensi investasi dan performa luar biasa.” kata Jinman Han, Senior Vice President Memory Product Planning & Application Engineering Samsung Electronics. “Kami akan melanjutkan pengembangan Z-SSD generasi berikutnya dengan densitas yang lebih tinggi dan produk yang lebih kompetitif, untuk memimpin industri SSD yang berkembang pesat.”

Samsung Z-SSD Package

Z-SSD dari Samsung ini dilengkapi dengan chip Z-NAND yang menyediakan performa read 10 kali lebih tinggi dibandingkan chip 3-bit V-NAND. SSD ini juga dilengkapi dengan 1,5GB LPDDR4 DRAM dan sebuah controller. SSD dengan interface PCIe ini diklaim memiliki performa random read 1,7 kali lebih cepat pada 750K IOPS dan latency write 5 kali lebih kecil pada 16 microsekon dibandingkan dengan SSD NVMe PM963 yang berbasis pada chip 3-bit V-NAND. Selain itu Samsung juga mengklaim Z-SSD mampu menyediakan kecepatan random write hingga 170K IOPS.

Samsung Z-SSD Package Closed

Samsung menjamin ketahanan SSD enterprise terbaru mereka hingga 30 drive writes per hari hingga 5 tahun, atau total 42 petabyte. Sebagai gambaran, 42 petabyte bisa digunakan untuk 8,4 juta 5GB film fullHD selama 5 tahun. Sedangkan untuk reliabilitas, Samsung menjamin mean time before failure (MTBF) atau rerata waktu sebelum terjadi error selama 2 juta jam.

Rencananya, Samsung akan memperkenalkan inovasi terbarunya ini dalam ukuran 800GB dan 240GB pada ISSCC 2018 (International Solid-State Circuit Conference) pada 11-15 Februari di San Fransisco.

Comments