Saat ini esports atau olahraga elektronik merupakan fenomena global termasuk di Indonesia. Seperti pada olahraga pada umumnya, pertandingan esports kompetitif tentunya memiliki berbagai komponen seperti caster atau komentator pertandingan.

Seorang caster harus memiliki talenta dalam membawa emosi penonton ke dalam pertandingan. Sebuah pertandingan dengan caster yang baik tentunya akan menjadikannya lebih menarik dan dapat memberikan pengetahuan lebih kepada penonton mengenai apa yang sedang terjadi di dalam pertandingan tersebut.

Caster esports profesional harus memiliki berbagai kemampuan seperti pengetahuan akan mekanisme kompetisi, pelafalan yang jelas, gestur tubuh, kemampuan berbahasa, cara berpakaian, serta etika yang profesional. Apalagi dengan peningkatan jumlah kompetisi baik skala kecil maupun besar di dunia maupun di Indonesia, tentunya jumlah caster profesional yang dibutuhkan akan semakin meningkat.

Kompetisi esports di Indonesia saat ini ada pada masa perkembangan. Proyeksi akan peningkatan kompetisi kelas internasional di Indonesia menuntut caster untuk mampu berbahasa Inggris. Hal ini mengakibatkan seringnya terjadi “impor” caster dari luar negeri untuk mengakomodasi hal tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, AMD Indonesia mengadakan ajang AMD eSports Caster Talent 2018 atau yang bisa disingkat AMD eSports CAST 2018. Ajang ini bertujuan untuk menemukan dan memupuk bibit-bibit caster Indonesia sehingga dapat mengisi kebutuhan caster di Indonesia. AMD bekerja sama dengan Logitech G sebagai salah satu vendor periferal game. AMD juga menggandeng Supreme League Arena sebagai AMD eSports Battle Station pertama di Indonesia sebagai iCafe yang berfokus pada bidang penyiaran esports dan bootcamp bagi tim-tim esports di Indonesia.

AMD eSports Caster Talent 2018 akan menorehkan sejarah sebagai kompetisi di dunia profesi caster esports Indonesia dengan total hadiah sebesar Rp25.000.000,- berupa uang tunai, produk dari Logitech G, serta prosesor dan kartu grafis dari AMD. Pendaftaran dimulai pada tanggal 19 Januari 2018 lalu dan telah ditutup 28 Januari 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 63 orang.

Perhelatan ini dimulai dengan Online Qualifier (audisi) pada 5-18 Februari 2018 yang nantinya akan menyisakan 12 orang. Di babak selanjutnya ada Best of 12 pada 24 Februari 2018 di mana 12 caster tersebut akan disaring lagi hingga tersisa 6 orang untuk diadu pada babak Incredible 6 pada 10 Maret 2018. Pada babak grand final yang bertajuk Amazing 3 akan tersisa 3 orang dari Incredible 6 pada 11 Maret 2018 untuk menentukan juara dari AMD eSports Caster Talent 2018.

Informasi lebih lanjut dapat dipantau melalui fanpage Facebook AMD Indonesia @AMDINDO, Facebook Supreme League @supremeleaguetv, dan kanal Youtube Gaming Supreme League.

 

Comments