Trinity dan Richland

AMD Trinity diluncurkan pada Q2 2012. Sama seperti pendahulunya, ia dibuat menggunakan proses 32nm SOI GlobalFoundries. APU mainstream generasi kedua ini memiliki jumlah transistor 1,303 miliar dengan ukuran die 236mm². Ia dibekali dengan arsitektur CPU Piledriver yang merupakan generasi kedua arsitektur Bulldozer dengan arsitektur GPU VLIW4 seperti yang digunakan pada Radeon HD 6XXX.

Trinity memiliki clock CPU hingga 4.2 GHz dan GPU hingga 800 MHz. Jumlah core GPU tertinggi yang ditawarkan ada di 384 SP. Lebih kecil dari Llano yang ada pada 400 SP namun berkat arsitektur VLIW4, GPU Trinity mampu berjalan lebih kencang daripada Llano. Memori DDR3 mendukung hingga dual channel DDR3-1866 sama seperti pendahulunya.

Arsitektur Piledriver yang digunakan pada Trinity mendukung berbagai ekstensi x86 baru seperti SSE4, AVX, dan FMA. Dengan struktur core yang mirip dengan Bulldozer yaitu satu FPU untuk 2 integer core, performa floating point menjadi sedikit lebih buruk dibanding Llano yang memiliki arsitektur Stars.

Performa grafis AMD Trinity dan Richland merupakan yang terbaik di kelas grafis terintegrasi pada masanya.

Untuk Richland, ia sama dengan Trinity secara arsitektur namun memiliki clock yang lebih tinggi. Clock CPU tertinggi yang ditawarkan mencapai 4.4 GHz dan clock GPU pada 844 MHz. Dukungan memori juga ditingkatkan hingga dual channel DDR3-2133.

Performa grafis AMD Trinity dan Richland merupakan yang terbaik di kelas grafis terintegrasi pada masanya. GPU terintegrasi mereka mampu mengalahkan Radeon HD 6570 dan Geforce GT 440. Untuk CPU sendiri, relatif tidak ada peningkatan berarti dibanding Llano

arsitektur trinity
Arsitektur AMD Trinity

Comments