Carrizo dan Bristol Ridge

APU Carrizo dirilis oleh AMD pada Q3 2015 yang sayangnya hanya untuk platform mobile. Pada platform desktop retail hanya tersedia versi non-APU yaitu Athlon X4 835 dan 845. APU generasi 6 ini masih menggunakan 28nm SHP dari GlobalFoundries dan socket FM2+.

Carrizo menggunakan arsitektur CPU Excavator dan GPU yang (masih) GCN. IPC yang kurang lebih sama dengan Steamroller namun konsumsi daya yang lebih kecil menjadikan AMD lebih memilih merilis APU Carrizo pada mobile. Excavator mendukung beberapa ekstensi x86 yang baru seperti RDRAND dan AVX2.

IPC yang kurang lebih sama dengan Steamroller namun konsumsi daya yang lebih kecil menjadikan AMD lebih memilih merilis APU Carrizo pada mobile.

Sedangkan untuk Bristol Ridge, AMD masih menggunakan chip yang sama dengan Carrizo. Bristol Ridge menggunakan socket baru yaitu AM4 yang sama dengan yang digunakan oleh Ryzen. Konfigurasi core GPU masih sama dengan yang digunakan pada Kaveri namun dengan clock maksimum yang jauh lebih tinggi yaitu 1108 MHz. APU generasi ke-7 yang dirilis pada Q4 2016 ini mendukung memori dual channel DDR4-2133.

bristol ridge carrizo
Arsitektur Carrizo dan Bristol Ridge
bristol ridge
Bristol Ridge dibandingkan dengan Carrizo

Comments