Intel memperkenalkan prosesor intel Xeon D-2100 yang merupakan penerus jajaran seri 1000-D yang telah diluncurkan tahun lalu. Prosesor Intel Xeon-D baru ini menggunakan teknologi intel Mesh terintegrasi. Prosesor baru ini mendukung hingga 18 core dengan 36 thread. Platform ini mendukung hingga 512 GB DDR4-2666 (ECC) pada empat saluran memori. L3 cache adalah 1.375 MB per core dengan total 24.75 MB pada SKU 18 core.

Intel Xeon D-2100
Intel Xeon D-2100

 

Arsitektur intel Mesh juga memulai debutnya untuk seri Xeon D. intel juga mengemas kemampuan prosesor ini kedalam SOC (system on chip) yang membuat prosesor ini menjadi solusi untuk berbagai kasus penggunaan. Intel bergerak maju ke era 5G dan cloud serta jaringan. Prosesor intel Xeon D-2100 akan memungkinkan peningkatan kinerja dan keamanan perangkat keras yang lebih baik untuk mendukung meningkatnya jumlah beban kerja yang menuntut lebih banyak perhitungan, analisis dan perlindungan data.

Prosesor intel Xeon D-2100 mencakup core prosesor dengan kapasitas 18 “Skylake-server” dan teknologi intel QuickAssist dengan kriptografi built-in hingga 100 Gbps, dekripsi dan akselerasi enkripsi. Selain perangkat tambahan perlindungan data tersebut, produk ini akan mendukung pembaruan sistem perangkat lunak untuk melindungi pelanggan dari eksploitasi keamanan yang disebut “Spectre” dan “Meltdown”.

Selain kemampuannya yang kuat dalam megoperasikan jaringan penyedia layanan komunikasi, prosesor intel Xeon D-2100 juga sangat sesuai untuk kasus daya dan pembatasan ruang, termasuk :

Penyimpanan : Prosesor Intel Xeon D-2100 merupakan pilihan untuk beban kerja cloud hyperscale yang dioptimalkan dengan intensitas padat seperti penyajian web dinamis, caching memori, dedicated hosting dan warm storage.

Content Delivery Networks (CDNs): Prosesor dapat membawa kinerja yang lebih tinggi ke pengiriman konten di network edge, yang sangat penting untuk menjaga agar latency tetap rendah untuk media streaming kepada pemirsa dan mereka yang bekerja di bidang media dengan file besar.

Jaringan perusahaan: Keluarga prosesor juga menargetkan perusahaan entry SAN dan NAS storage, router midrange, peranti jaringan, peralatan keamanan, base station nirkabel dan penggunaan IOS midrange yang tersemat.

Seri D-2100 ini dibagi menjadi tiga kelompok : Edge Server and Cloud SKU, Network Edge and Storage SKU dan Intel QuickAssist Technology SKU.

 

Informasi SKU Intel Xeon D-2100

Berikut Frekuensi turbo berdasarkan jenis dan beban pada prosesor Xeon D-2100 :

Intel Xeon D-2100
Intel Xeon D-2100 AVX2
Intel Xeon D-2100 AVX-512

Comments