Precision Boost 2: Teknologi Switching Frekuensi Super Cepat!

Pada artikel review Hexatekno sebelumnya telah membahas mengenai Precision Boost 2 yang merupakan salah satu teknologi AMD dalam memaksimalkan clock prosesor. Precision Boost 2 memungkinkan prosesor Raven Ridge untuk mengatur clock berdasarkan load yang diberikan secara linier.

Precision boost 2
Precision Boost 2 memungkinkan kecepatan clock lebih linier dibandingkan dengan Precision Boost 1.
OCCT
Pengujian dari AMD pada berbagai workload multithread dan singlethread

Pengujian menggunakan game favorit para overclocker yaitu Cinebench R15. Pengujian menggunakan pengesetan Cinebench R15 agar hanya menggunakan 2 thread saja melalui menu File-Preferences. Logging clock dan load pada CPU menggunakan HWiNFO64 dengan polling rate setiap 100ms.

2 core CInebench R15
Pengesetan 2 core pada Cinebench R15 untuk mengecek kemampuan Precision Boost 2 dalam mengatur frekuensi CPU

Hasil yang kami temukan cukup mengejutkan. Teknologi Precision Boost 2 mampu mengeset clock CPU dengan sangat cepat menyesuaikan dengan load yang diberikan pada core prosesor oleh benchmark Cinebench R15. Sebagai informasi, bahkan prosesor Intel Coffeelake terbaru pun tidak memiliki kecepatan switch frekuensi secepat ini.

grafik clock
Grafik clock CPU saat dilakukan benchmark Cinebench R15 2-thread

Berikut adalah load Cinebench R15 2-thread pada prosesor Ryzen 3 2200G. Apabila dilihat lebih jauh, clock CPU pada gambar di atas secara linier mengikuti load yang diberikan oleh Cinebench R15.

cpu usage
CPU usage ketika dilakukan benchmark Cinebench R15 2-thread

Masih sulit menemukan korelasi linier antara clock CPU dan CPU load? Perhatikan grafik clock CPU vs CPU load pada core #3 di bawah ini. Hasil pengujian menunjukkan Precision Boost 2 mampu mengatur clock agar menyesuaikan dengan load yang diberikan pada masing-masing core prosesor.

clock vs load
Grafik clock vs load core #3 ketika dilakukan benchmark Cinebench R15 2-thread

Penting untuk diketahui bahwa pada logging data di atas, kami hanya menggunakan 35 data polling. Dengan kata lain, kami hanya menggunakan data logging kurang lebih 3500ms (3,5 detik!). Berarti, Precision Boost 2 mampu bekerja sama dengan atau lebih cepat dari 100ms!

Sebagai data tambahan, berikut adalah rata-rata clock CPU dan CPU load pada masing-masing core. Sama seperti grafik di atas, dapat ditemukan korelasi linier antara clock CPU dan CPU load. Salut untuk AMD.

rerata clock
Rata-rata clock core CPU ketika dilakukan benchmark Cinebench R15 2-thread
rerata load
Rata-rata load core CPU ketika dilakukan benchmark Cinebench R15 2-thread

Comments