Alokasi Memori Dinamis

Pada sistem dengan grafis terintegrasi seringkali memori sistem “termakan” oleh grafis terintegrasi sebagai bagian dari video RAM (VRAM) teralokasi. Alokasi memori VRAM tentunya akan mengambil porsi RAM sistem walau kondisi grafis terintegrasi tidak dalam posisi kerja. Hal ini cukup menjengkelkan terutama bagi mereka dengan kapasitas RAM pas-pasan yang semakin tergencet karena harus berbagi kapasitas dengan VRAM.

VRAM 2GB
Contoh RAM sistem teralokasi ke memori VRAM sebesar 2GB (2099MB) yang terbaca sebagai “Hardware Reserved”

AMD Raven Ridge dibekali dengan kemampuan untuk mengalokasikan memori pada Radeon Vega terintegrasinya secara dinamis menyesuaikan kebutuhan aplikasi. Sehingga, walaupun pengguna mengalokasikan memori VRAM IGP pada ukuran yang minim sekalipun, aplikasi tidak akan kekurangan space memori VRAM dan pengguna tidak perlu khawatir.

Perlu diketahui bahwa alokasi memori dinamis akan mengakibatkan memori sistem untuk “termakan” apabila memori VRAM IGP yang sudah dialokasikan di BIOS mulai penuh. Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak AMD Carrizo namun sampai saat ini kami pun belum mengetahui “nama marketing” dari teknologi ini. Sebagai perbandingan, Intel memberi nama teknologi ini dengan istilah DVMT (Dynamic Video Memory Technology).

BIOS MSI
Pengaturan alokasi memori VRAM pada BIOS MSI
MSI BIOS 2
Memilih alokasi memori VRAM mulai dari 32M hingga 2G

Hexatekno mencoba menguji kemampuan alokasi memori dinamis ini dan menemukan bahwa teknologi ini mampu berjalan dengan baik dengan pengurangan performa yang relatif minim. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu khawatir akan pengaturan alokasi memori VRAM pada sistem Raven Ridge mereka.

dynamic memory alloc
Contoh alokasi memori VRAM dinamis. Memory Usage (Dedicated) mentok pada 241MB sehingga load dipindahkan sejumlah 829MB ke Memory Usage (Dynamic)

Pada screenshot GPU-Z di atas, dapat dilihat memori VRAM teralokasi (memory usage dedicated) sudah penuh dan mulai menjamah ke memori sistem secara dinamis (memory usage dynamic).

Pengujian kami menggunakan konfigurasi memori DDR4-3200. Secara performa, terjadi sedikit penurunan performa apabila alokasi memori VRAM lebih kecil dari yang dibutuhkan aplikasi. Hexatekno menguji menggunakan benchmark 3DMark Fire Strike yang memakan VRAM kurang lebih sebesar 1GB. Penurunan performa mulai terjadi apabila pengguna mengeset alokasi memori VRAM kurang dari 1GB.

3DMarkFS
Skor 3DMark Fire Strike Graphics pada berbagai kapasitas memori VRAM teralokasi
VRAM
Penggunaan memory VRAM teralokasi (dedicated) dan dinamis (dynamic)

Apabila ditarik kesimpulan, teknologi ini sangat membantu pengguna dengan RAM minim (8 GB ke bawah) agar tidak kehabisan memori sistem dikarenakan alokasi memori VRAM Radeon Vega terintegrasi. Hal ini tidak dapat ditemukan di sistem AMD APU desktop generasi (sangat) lawas seperti Kaveri di mana pengguna harus memutar otak untuk menentukan alokasi memori VRAM yang tepat.

128 VRAM
TIdak perlu khawatir “Hardware Reserved” berukuran raksasa. 128MB sudah cukup bagi Raven Ridge untuk menjalankan tugasnya

Comments