Page 1 : Unboxing dan Kenampakan

Kelengkapan

Box tampak depan
Box tampak belakang

Paket penjualan MSI B360M Mortar Titanium menyertakan backpanel I/O shield, 2 kabel SATA, CD driver, quick guide, dan user manual.

Kelengkapan teknis
User manual dan quick guide

Kenampakan Unit

Sekilas dapat dilihat motherboard ini mengusung tema putih perak sebagai warna dasar. Selain itu terdapat pula “armor” di sekeliling slot RAM dan port PCIe dengan logam yang berkilau menambah estetika.

Kenampakan B360M Mortar Titanium

Hal yang menarik perhatian kami adalah heatsink VRMnya sangat besar! Sebelumnya kami mengira heatsink tersebut merupakan cover backpanel I/O bermaterial plastik namun ternyata setelah kami lepas, seluruhnya terbuat dari aluminium.

Heatsink VRM tampak atas
Heatsink VRM tampak bawah

Socket yang digunakan masih sama dengan Intel generasi sebelumnya yaitu LGA1151. Bedanya, motherboard dengan seri chipset 300 hanya mendukung prosesor Intel Core gen 8. Alhasil motherboard ini hanya dapat digunakan dengan prosesor Intel Core gen 8 alias Intel Coffeelake.

Socket LGA1151

Motherboard ini mendukung penggunaan memori dual-channel DDR4 dengan kecepatan maksimal DDR4-2666 Maksimal kapasitas yang didukung ketika seluruh slot terisi sejumlah 64 GB (16 GB per keping).

Slot RAM dilengkapi dengan “armor” logam. Terus terang kami tidak melihat ini sebagai fitur pelindung namun hanya sebagai estetika. Karena kami rasa tidak ada RAM yang beratnya sedemikian rupa hingga harus diamankan dengan penguat slot.

Slot RAM DDR4 sejumlah 4 buah

Backpanel I/O memiliki berbagai slot yang umum dibutuhkan. Terus terang kami merasa bahwa slot USB yang ditawarkan terlalu minim (4 x USB 2.0, 1 x USB 3.1 Type-A, 1 x USB 3.1 Type-C.), namun hal ini dapat diatasi dengan sejumlah USB header (1 x USB 3.1 Type-C header, 1 x USB 3.1 Type-A header, 1 x USB 2.0 header) yang disambungkan ke port USB pada depan case PC.

Backpanel I/O

MSI melengkapi B360M Mortar Titanium dengan slot PCIe x16 dengan “armor” untuk mencegah slot bengkok yang diakibatkan penggunaan kartu grafis dengan bobot berat. Selain itu terdapat slot M.2 yang cukup banyak yaitu sejumlah 2 buah.

Sejumlah port PCIe, slot M.2, dan front panel header

Port SATA yang diusung hanya 4 buah. Namun apabila mengingat motherboard ini ditujukan pada pengguna budget yang mengedepankan estetika, kami bisa memaklumi hal ini. Di samping jumlah, port SATA ini memiliki posisi yang sangat baik di mana ia tidak akan mengganggu apabila pengguna perlu memasang kartu grafis yang besar.

Port SATA dan heatsink chipset

Comments