Pada tanggal 18 Agustus 2018 kemarin, Waroeng Khilaf yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Elektronika dan Instrumen UGM mengadakan kompetisi OC mahasiswa dengan nama ELINSCLOCKING n00b_CUP. Kompetisi ini diikuti oleh beberapa tim yang satu timnya terdiri dari tiga orang mahasiswa dari kampus yang sama. Kompetisi ini juga hanya boleh diikuti oleh overclocker pemula/Amatir dan Enthusiast. Kompetisi ini diselenggarakan di Lippo Plaza Mall Yogyakarta.

Berikut daftar tim yang berkompetisi pada ELINSCLOCKING n00b_CUP :

Kompetisi ELINSCLOCKING n00b_CUP ini juga menghadirkan overclocker no 1 di Indonesia yaitu Alva ‘Lucky_n00b’ Jonathan yang menjadi Master Judge pada kompetisi ini. Berikut beberapa hardware yang digunakan pada kompetisi ini :

  • CPU : AMD Ryzen 2400G ‘Raven Ridge’
  • Motherboard : Aorus B450 Pro dan ASUS ROG B450 Strix
  • RAM : Team Dark DDR4-2400MHz
  • PSU : FSP Hyper K 500W
  • SSD : Team L5 Elite
  • Monitor : ASUS
  • Gaming Gear : ASUS

Pada kompetisi ini dibagi menjadi dua babak yaitu babak kualifikasi dan babak final. Pada babak kualifikasi delapan tim dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi motherboard ASUS dan sesi motherboard Gigabyte Aorus. Setiap sesinya peserta hanya diberi waktu 30 menit dan kesempatan submit skor sebanyak tiga kali saja. Sebelum masuk ke babak kualifikasi, Master Judge Alva ‘Lucky_n00b’ Jonathan memberikan pengarahan terlebih dahulu terkait teknis kompetisi kepada para peserta. Setelah itu dilakukan pengundian benchmark untuk babak kualifikasi.

Berikut beberapa hadiah dengan total ‘cuma’ 20 jutaan yang akan diperebutkan oleh para peserta pada kompetisi ELINSCLOCKING n00b_CUP :

BABAK KUALIFIKASI

Sesi motherboard ASUS merupakan sesi pertama dari babak kualifikasi. Pada sesi motherboard ASUS telah terpilih benchmark 3D Mark Time Spy untuk pertandingan pertama, benchmark Geekbench 3 Single Core untuk pertandingan kedua dan benchmark Cinebench R15 Single Core untuk pertandingan final sesi motherboard ASUS.

Pertandingan pertama dimulai dengan pertandingan antara Tim Pengung dan Tim Amikom 1 dan Tim Pengung dari UNS berhasil mengungguli Tim Amikom 1 di menit-menit terakhir pertandingan dengan skor telak 3-0. Dengan ini, Tim Pengung berhasil melaju ke pertandingan final sesi motherboard ASUS.

Selanjutnya di pertandingan kedua ini telah bertemu tim Bismillah dan tim Lucky Boys OC. Pertandingan kedua ini akhirnya dimenangkan oleh tim Bismillah dari UGM dengan skor 2-1 dan Tim Bismillah berhasil menyusul Tim Pengung untuk bertarung pada pertandingan final sesi motherboard ASUS.

Tim Bismillah dari UGM
Tim Pengung dari UNS

Sayang sekali tim Bismillah tidak bisa melaju ke babak Final setelah dikalahkan oleh tim Pengung dengan skor telah 3-0. Dengan hasil ini, Tim Pengung dari UNS berhasil mengamankan slot pada babak Final.

Sesi kedua pada babak Kualifikasi adalah sesi motherboard Gigabyte Aorus. Pada sesi ini telah terpilih benchmark 3DMark Ice Storm untuk pertandingan pertama, benchmark 3DMark Ice Storm Extreme untuk pertandingan kedua dan benchmark 3DMark Cloudgate untuk pertandingan final sesi motherboard Gigabyte Aorus.

Pada pertandingan pertama sesi motherboard Gigabyte Aorus ini mempertemukan tim Supermie dan tim Biji Wijen. Pada pertandingan pertama ini dimenangkan oleh tim Supermie dengan skor 2-0 dan tim Supermie dari UII berhak melaju ke pertandingan final sesi motherboard Gigabyte Aorus.

Pada pertandingan kedua sesi motherboard Gigabyte Aorus ini mempertemukan tim Amikom 2 dan tim Gacor OC. Pada pertandingan pertama ini dimenangkan oleh tim Amikom 2 dari STMIK AMIKOM dengan skor 2-1 dan tim Amikom 2 berhak melaju ke pertandingan final sesi motherboard Gigabyte Aorus menyusul tim Supermie yang juga memenangkan pertandingan pertama sebelumnya.

 

Tim Supermie dari UII
Tim Amikom 2 dari STMIK AMIKOM

Sayang sekali tim Supermie tidak bisa melaju ke babak Final setelah dikalahkan oleh tim Amikom 2 dengan skor telah 3-0. Dengan hasil ini, Tim Amikom 2 dari STMIK AMIKOM berhasil mengamankan slot pada babak Final dan akan bertanding dengan tim Pengung dari UNS.

Babak Juara 3 Wild Card

Sebelum babak Final, diadakanlah babak perebutan juara 3 yang diikuti oleh satu orang ‘Wild Card’ dari tim yang tidak berhasil melangkah ke babak Final. Pada babak ini, diikuti oleh total enam orang dan nantinya enam orang tersebut akan mencari skor benchmark 3DMark 11 Physic Score menggunakan motherboard ASUS dan motherboard Gigabyte Aorus.

Peserta yang dipilih oleh timnya untuk mengikuti babak Juara 3 Wild Card
Semua peserta di babak Juara 3 Wild Card ini diberi waktu 30 menit dan maksimal submit tiga kali per motherboard

Setelah satu jam berlalu, akhirnya peserta dari Tim Supermie berhasil menjadi peserta dengan perolehan jumlah skor yang paling tinggi dibandingkan peserta lainnya, sehingga Tim Supermie berhasil menjadi Juara 3 dari kompetisi ELINSCLOCKING n00b_CUP kali ini. Selamat untuk tim Supermie dari UII.

BABAK FINAL

Pada babak Final kali ini, Tim Pengung dari UNS akan bertanding dengan Tim Amikom 2 untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara 1 dan juara 2 pada kompetisi ELINSCLOCKING n00b_CUP kali ini. Pada babak Final ini, setiap tim akan mencetak skor benchmark 3DMark Sky Diver pada motherboard ASUS dan benchmark 3DMark Fire Strike pada motherboard Gigabyte Aorus. Pada sesi pertama Tim Pengung mendapatkan giliran untuk mencetak skor menggunakan motherboard ASUS dan Tim Amikom 2 menggunakan motherboard Gigabyte Aorus. Dan sesi kedua Tim Pengung menggunakan motherboard Gigabyte Aorus sedangkan Tim Amikom 2 menggunakan motherboard ASUS.

Tim Pengung dari UNS
Tim Amikom 2 dari STMIK AMIKOM

Setelah bertanding dalam waktu satu jam, akhirnya Tim Pengung berhasil mencetak skor mengungguli Tim Amikom 2 dengan jarak prosentase skor yang sangat tipis. Dengan hasil ini, Tim Pengung dari UNS berhasil menjadi juara 1 ELINSCLOCKING n00b_CUP dan Tim Amikom 2 dari STMIK AMIKOM menjadi runner-up nya. Setelah itu dilangsungkan pemberian hadiah oleh para sponsor.

Tim Supermie berhasil menjadi Juara 3
Tim Amikom 2 berhasil menjadi runner-up
Tim Pengung dari UNS berhasil menjadi Juara 1

Itulah dia liputan kami pada kompetisi ELINSCLOCKING n00b_CUP yang diadakan di Lippo Plaza Mall Yogyakarta. Sampai jumpa pada liputan event kami berikutnya. Terima kasih.

 

 

Comments