Beberapa waktu lalu, sudah beredar informasi terkait dengan detail  arsitektur prosesor Intel generasi terbaru yaitu generasi kesebelas (Gen11). Namun baru baru ini telah muncul hasil benchmark dari IGP prosesor Intel Gen11 ini, benchmark tersebut adalah  benchmark game Ashes of Singularity.

Menariknya, dari hasil benchmark tersebut tercatat IGP Intel Gen11 ini mampu menghasilkan performa hingga 1TFlop. Performa tersebut bisa dikatakan cukup lumayan peningkatannya dibandingkan IGP di prosesor generasi sebelumnya, sebagai catatan saja performa GPU yang terdapat pada XBox One saja hanya didesain menghasilkan perfoma 1.3TFlop. Berarti performa IGP prosesor Intel Gen11 ini hampir menyamai performa IGP yang terdapat pada XBox One. Jika dibandingkan dengan IGP prosesor generasi sebelumnya yaitu Intel UHD 620, performa IGP prosesor Intel Gen11 ini dua kali lebih cepat dan hampir menyamai juga performa GPU Nvidia MX130.

Pada benchmark Ashes of Singularity, IGP prosesor Intel Gen11 ini mampu menjalankan game ini dengan fps rata-rata 20.4 fps pada settingan low 1080p. Sedangkan untuk perbandingan Intel UHD 620 hanya dapat mencatatkan fps sebesar 10fps, Nvidia MX110 17.7 fps dan Nvidia MX130 20.1 fps di settingan grafis yang sama. Ini merupakan kabar baik bagi pengguna PC yang belum punya budget yang cukup untuk melakukan upgrade tapi masih ingin menggunakan PC nya untuk casual gaming seperti Dota 2 dan CS:GO.

IGP prosesor Intel Gen11 ini juga sangat cocok jika digunakan pada platform ultrabook, yang mana saat ini masih banyak ultra book yang menggunakan chip GPU terpisah seperti MX130 atau MX110 sehingga produsen harus memberikan cooling yang terpisah juga untuk mendinginkan chip GPU tersebut. Namun sayangnya performa IGP prosesor Gen11 ini masih belum mampu menandingi performa dari GPU Nvidia MX150 yang masih menjadi favorit bagi pengguna ultrabook yang masih ingin menggunakan ultrabook nya untuk melakukan casual gaming.

Source : Wccftech

Comments