Nvidia beberapa waktu lalu telah mengumumkan bahwa perusahaannya kini akan memberikan support DXR (DirectX Ray Tracing) ke beberapa model VGA GeForce GTX seperti GTX 1660 Ti, GTX 1080 Ti, GTX 1080, GTX 1070 Ti, GTX 1070, and GTX 1060 6 GB. Sayangnya, VGA GTX 1060 GB, VGA Pascal seri low-end dan VGA generasi terdahulu tidak diberi dukungan DXR oleh Nvidia.

Nvidia telah berhasil mengimplementasikan fitur real-time ray tracing pada GPU yang tidak memiliki RT core atau tensor core dengan CUDA core, sehingga sekarang CUDA core juga akan mengkalkulasi BVR, intersection, reflection dan refraction yang mana semua kalkulasi itu diperlukan untuk mengimplementasikan fitur real-time ray tracing. Chip VGA GTX 16 Series memiliki keunggulan di atas VGA berarsitektur Pascal meskipun tidak memiliki RT core, karena CUDA core “Turing” pada VGA GTX 16 Series mendukung eksekusi INT dan FP secara bersamaan, sehingga memungkinkan beberapa perintah dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Berdasarkan data dari Nvidia, VGA non RTX memiliki performa yang sangat lambat ketika mengaktifkan fitur DXR dibandingkan dengan VGA RTX. Pada resolusi 1440 piksel, pengguna membutuhkan VGA GTX 1080 atau GTX 1080 Ti untuk dapat memainkan game dengan fitur ray tracing secara playable (di atas 30 fps). Namun khusus pada game Battlefield V, hanya VGA GTX 1080Ti saja yg mampu mencatatkan 30 fps, sedangkan GTX 1080 hanya mampu mencatatkan 25 fps saja. Begitu juga pada game Shadow of the Tomb Raider yang menggunakan DXR Shadow, pengguna tetap membutuhkan VGA GTX 1080 Ti untuk mendapatkan frame rates di atas 30 fps

Meskipun sebenarnya jika tidak menggunakan setting DXR secara maksimal dapat meningkatkan sedikit frame rates, namun tetap saja penggunaan DXR pada VGA seri GTX 1080 ke bawah seperti GTX 1070 dan GTX 1060 membuat pengalaman bermain game kurang maksimal. Nvidia juga mengetes perfoma real time ray tracing VGA seri GTX pada game Atomic Heart yang menggunakan Advanced Reflection. Hasilnya tidak ada VGA seri GTX yang dapat mencapai frame rates 15.4 fps. Sadiiiss!!

Ini menunjukkan bahwa fitur real time ray tracing ini memang memiliki perhitungan yang cukup kompleks dan berat bagi VGA yang tidak memiliki RT core tersendiri. Namun Nvidia tetap akan memberikan support fitur real time ray tracing ini pada VGA seri GTX buatannya dengan merilis update driver Nvidia terbaru. Menariknya juga sepertinya saat ini, AMD sebagai kompetitor juga tengah melakukan pengembangan fitur DXR pada GCN stream processor yang terdapat pada VGA buatan mereka.

Source : TechPowerUp

Comments