Intel memperkenalkan prosessor generasi ke 10, Ice Lake. (dok. internet)

Berdasarkan bocoran benchmark yang terlihat di situs PassMark, terlihat prosessor intel Ice lake dengan seri Core i7-1065G7 yang belum rilis mendapatkan skor 10.316 point, mengungguli prosessor AMD Ryzen 5 3500U yang mendapatĀ 8.042 point. Hasil benchmark tersebut telah dihapus dari situs PassMark, namun demikian kami berhasil mendapat salinannya. Hal yang unik adalah prosessor Intel berjalan dengan clockspeed 1,3 Ghz, jauh lebih rendah dari AMD yang berjalan pada 2,1 Ghz. Fakta tersebut menunjukkan performa per clock prosessor Intel yang lebih unggul dibandingkan AMD, setidaknya menurut bocoran yang ada.

Namun demikian, perlu diingat bahwa prosessor AMD Ryzen 5 3500U masih menggunakan basis arsitektur Zen+, bukan arsitektur 7 nm Zen2 yang baru. Sedang Intel Ice Lake Core i7-1065G7 telah menggunakan arsitektur Sunny Cove yang merupakan arsitektur ter-anyar dari intel. Dalam siaran pers resminya, kedua perusahaan tersebut mengunggulkan peningkatan performa per clock yang signifikan. Intel mengklaim bahwa prosessor generasi ke 10 Ice Lake akan menghadirkan peningkatan performa per clock sebesar 18%. Sedang arsitektur Zen2 akan menghadirkan peningkatan performa per clock sebesar 15%.

Hasil benchmark yang di post di situs PassMark. (dok. twitter.com/@momomo_us)

Berita ini sendiri seolah menjadi angin segar, khususnya bagi penikmat prosessor Intel. Setelah sekian lama mendapatkan peningkatan performa single core yang minim, Intel Ice lake menjanjikan peningkatan performa yang memang telah lama ditunggu. Hal tersebut memang selayaknya dilakukan Intel, mengingat AMD terus berusaha menggerus pangsa pasar mereka, baik di lini mobile, desktop, hingga server dan data center.

sumber: techradar.com

Comments