Logo Nvidia CUDA. (dok. internet)

Nvidia mengumumkan dukungan CUDA terhadap platform berbasis ARM, Selasa (17/06/2019) dalam International Supercomputer Conference (ISC) di Frankfurt, Jerman. CUDA merupakan ekstensi bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengubah graphic card Nvidia menjadi alat pemrosesan data umum untuk berbagai bidang, mulai dariĀ  analisa hasil penjualan, penempatan iklan di web hingga pemrosesan artificial intelegent.

Sebelumnya, Nvidia telah membawa CUDA ke platform ARM lewat embledded elektronik dan Internet of Thing (IoT). Namun, kali ini meraka melebarkan dukungannya ke platform High Performance Computing (HPC). CEO dan founder NVIDIA, Jensen Huang mengatakan bahwa dukungan CUDA terhadap platform ARM akan mendorong HPC ke tempat yang lebih tinggi.

“Pada akhirnya, jumlah performa mentah yang bisa dihasilkan oleh superkomputer akan menabrak batasnya. Namun, dengan kolaborasi antara performa CUDA dan efisiensi ARM akan memberikan penambahan performa yang signifikan di sektor HPC,” ujarnya dalam acara tersebut.

Beberapa pihak telah menyatakan dukungannya terhadap CUDA di platform ARM. Mulai dari perusahaan Peter Ungaro, HPC dan Ai, Fujitsu, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa pihak telah menyatakan ketertarikannya untuk mengintegrasikan CUDA ke dalam superkomputer yang tengah atau sedang dikembangkannya.

Sumber: theregister.co.uk

 

Comments