Lenovo Thinkpad X1 Fold menjalankan windows 10x (doc. Neowin.com)

“Tablet telah mati. Pada akhirnya, user lebih memilih PC sebagai portal utama untuk melalakukan pekerjaan sehari-hari. “

Kira-kira begitulah pendapat dari masyarakat akan keberadaan tablet saat ini. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh. Walaupun pengapalan tablet terus meningkat dari tahun ke tahun, hingga Mei 2019 pangsa pasar tablet secara global hanya sebesar 3.84% (ejectejecteject.com). Hal tersebut berbeda dengan prediksi awal di mana dalam tempo singkat tablet diprediksi akan mencukur habis pangsa pasar PC.

Namun, jika kita lihat trend yang ada, keberadaan tablet pun tidak bisa dikatakan mati. Mulai dari apple ipad yang terus berevolusi dan kini mendukung fitur-fitur layaknya PC. Hingga Microsoft yang mengeluarkan produk surface pro yang merupakan laptop hybrid yang bisa berubah menjadi tablet.

Windows 10x menjalankan aplikasi secara multitasking. (doc. Neowin.com)

Microsoft sendiri nampaknya tidak puas jika hanya menempatkan tablet sebagai fitur nomer dua. Hal itu terlihat pada ajang CES (Consumer Elektronik Show) 2020 di Las Vegas lalu. Di mana salah satu rekanan microsoft, Lenovo memamerkan produk Thinkpad X1 Fold yang merupakan tablet dual screen. Hal yang menarik dari produk ini adalah dibenamkannya model yang menggunakan windows 10X. Berbeda dari windows 10 yang kita kenal saat ini, windows 10X sendiri sangat berfokus pada gesture untuk setiap navigasinya, layaknya era windows 8.

Mulai dari swipe up untuk masuk ke start menu, swipe down untuk menutup aplikasi, swipe left untuk membuka action center dan lain sebagainya. Sejatinya, windows 10x sendiri memiliki code base yang sama dengan windows 10. Namun demikian, selain UI dan UX yang dioptimalkan untuk layar sentuh, windows 10x juga mencopot dukungan native untuk aplikasi win32. Aplikasi win32 sendiri nantinya masih dapat dijalankan, namun dalam mode sandbox. Sebagai gantinya windows 10x nantinya akan mendukung Universal Windows Apps (UWP) serta web aplication secara native.

Hal lain yang menarik dari windows 10x adalah kabar bahwa OS ini tidak akan bisa dibeli secara perorangan dan hanya tersedia pre-installed untuk produk yang memiliki bentuk utama tablet atau dual screen. Untuk kedepannya, tinggal kita lihat saja ke mana arah dari windows 10x ini sendiri. Apakah windows 10x akan menggantikan windows 10? Atau justru windows 10x akan menjadi update selanjutnya dari windows 10?

Satu hal yang pasti bahwa tablet jauh dari kata mati. Justru sebaliknya, di mana perusahaan raksasa menggulirkan investasi besar untuk mendorong teknologi tablet ke arah yang lebih baik.

 

Comments