Ilustrasi Nvidia Ampere. (doc. internet)

Berbeda dengan pangsa pasar prosessor yang sedikit demi sedikit berhasil digoyang oleh AMD, posisi Nvidia di pasar Graphic Card sendiri rasa-rasanya tidak tergoyahkan. Secara performa maupun konsumsi daya, Nvidia masih unggul jauh dibandingkan saingan terdekatnya, AMD.

Jarak yang ada diprediksi akan semakin melebar dengan rumor terkait Nvidia Ampere arsitektur baru pengganti Tesla. Menurut rumor yang ada graphic card tersebut akan 75% lebih cepat, dengan penggunaan konsumsi daya 50% lebih rendah. Jika rumor ini terbukti benar, Nvidia Ampere tentulah menjadi graphic card monster yang pantas untuk dijadikan target upgrade di tahun 2020.

Kabarnya, kartu monster ini sudah dibooking oleh Indiana University untuk mengisi superkomputer miliknya, Big Red 200. Pada awalnya, superkomputer ini akan diisi oleh Nvidia Tesla yang merupakan arsitektur sebelumnya. Namun demikian, mereka memutuskan untuk menunggu Nvidia Ampere. Keputusan ini sendiri berbuah manis. Big Red 200, supercomputer yang memiliki 86 ribu-an core dan 172 ribu-an thread ini akan mendapatkan peningkatan performa sebesar 2 petaflops walaupun menggunakan jumlah graphic card yang lebih sedikit dari rencana awal.

Comments