Ilustrasi Intel vs AMD. (dok. internet)

Persereruan antara kubu biru melawan kubu merah kian lama kian memanas. Setelah serangan efektif AMD yang membombardir segala penjuru, mulai dari mobile, home PC sampai server. Intel pun kelabakan dan akhirnya mengeluarkan jurus pamungkasnya “Intel Comet Lake”. Selain peningkatan jumlah core, Intel Comet Lake pun tak tanggung-tanggung dalam meningkatkan clock speed namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Melihat perlawanan kubu biru, sekarang giliran AMD yang mengeluarkan serangan balasan. Walaupun angin kemenangan masih bertiup di sisi penantang, AMD rasanya belum puas. Zen 2 sendiri lebih unggul di banyak sisi, mulai dari core, fabrikasi hingga harga. Namun ada satu sisi di mana kubu biru masih menunjukkan taringnya, yaitu clock speed. Hal ini terbukti dari para Ocer yang bisa menggeber Intel Comet Lake i9-10900K ke 7,7 Ghz dalam tempo yang relatif singkat.

Ryzen old vs Ryzen refresh. (dok. wccftech.com)

Namun demikian, keunggulan clock speed intel bisa jadi tak kan berlangsung lama. Menurut rumor, AMD akan mengoptimalkan arsitektur Zen 2 untuk menghasilkan clock speed yang siap “adu jotos” dengan intel comet lake. Diprediksi, AMD akan menaikkan base clock Zen 2 “Mattise Refresh” sebesar 100 – 300 Mhz.

Melihat apa yang ditawarkan AMD, Zen 2 “Mantisse Refresh” sendiri bisa menjadi pengganjal berat bagi kesuksesan Intel Comet Lake, apalagi menurut kabar, harga Matisse Refresh akan sama dengan generasi sebelumnya. Bagaimana dengan pembaca sekalian, Apakah pembaca masih tertarik dengan Intel Comet Lake? Atau justru semakin mantap menyeberang ke kubu penantang?

Comments