Krita beta di Play Store. (dok. internet)


Apakah para pembaca mempunyai tablet? Tablet sendiri terlihat sangat visioner pada zamannya. Tanpa keyboard, tanpa mouse, super tipis, always on, serta dapat terkoneksi di mana saja. Masyarakat pun dibuat yakin bahwa tablet akan mengguncang dunia, bahkan menggantikan peran PC (Personal Computer). Hal itu jugalah yang dipercayai oleh Steve Jobs founder Apple. Ia percaya bahwa peran dari PC atau laptop akan digantikan oleh tablet di masa depan. (Nytimes.com)

Namun demikian, jika kita tengok beberapa tahun ke belakang, tablet sendiri rasa-rasanya jauh dari kata berkembang. Secara market share maupun minat, tablet selalu mengalami penurunan setiap tahunnya.

Hanya beberapa produsen saja yang masih setia menelurkan produk tablet, salah satunya Apple. Apple sendiri, sebagai market leader terus berinovasi, mulai dari peluncuran ipad pro, apple pencil, hingga ipad OS.  Hal ini pun terbayar dengan munculnya berbagai aplikasi professional untuk ipad, mulai dari Photoshop, Affinity photo, Affinity Designer, Luma Fusion hingga Procreate. Ipad sendiri mulai mendapat momentum terutama di kalangan designer dan digital artis

Lalu bagaimana dengan tablet android. Situasi tablet android sendiri terlihat kurang begitu baik. Sedikit demi sedikit tablet android menghilang dari pasaran, Bahkan google pembuat dari android OS pun tak lagi mengeluarkan support android untul tablet dan menggantinya dengan chrome OS.

Padahal di luar sana masih banyak tablet kelas atas yang mampu bersaing dengan apa yang ditawarkan ipad. Seperti seri Samsung Galaxy Tab dan seri Huawei MatePad. Hanya saja harus diakui bahwa dari sisi software, tablet android masihlah tertinggal dari kompetitor.

Namun, nampaknya android akan mulai mengejar ketertinggalan. Paling tidak di sisi aplikasi gambar profesional dengan diluncurkannya Krita. Krita sendiri merupakan aplikasi gambar professional yang ditujukan untuk para ilustrator dan artist, terutama penyuka aplikasi raster (pixel) yang sudah lebih dulu ada di PC. Aplikasi ini masih dalam tahap beta, namun berdasarkan review yang ada, progress dari Krita terlihat menjanjikan. Bagi pembaca yang ingin mencoba Krita android bisa langsung menuju website krita di sini

Bagaimana menurut pembaca sendiri, apakah Krita merupakan pertanda awal bangkitnya tablet android? Ataukah para pembaca mulai tertarik membeli tablet android sebagai tools gambar utama?

Comments