Mono Z490 dari Asus. (doc. internet)

Peluncuran prosessor intel comet lake juga dibarengi dengan peluncuran motherboard baru berchipset 400 series bersocket LGA 1200. Paduan ini akan menggantikan chipset 300 series dan socket LGA 1151 yang digunakan sebelumnya. Kabar buruknya platform baru ini tidak akan compatible dengan prosessor generasi sebelumnya. Namun demikian, platform ini tentunya menjanjikan peningkatan-peningkatan yang dapat membuat para enthusiast lebih bergairah dalam mengoptimalkan sistem yang ada. Intel 400 series terdiri dari beberapa tipe mulai dari tipe H untuk entry level hingga seri Z untuk enthusiast.

Tipe motherboard berchipset 400 series. (doc. wccftech.com)

Jika kita tengok, belum sebulan diluncurkan chipset Z490 sudah menunjukkan tajinya. Selain berhasil mem-push Intel i9-10900K ke kecepatan super 7,7 Ghz di 10 corenya. Platform ini juga berhasil melibas semua pencapaian RAM DDR4 sebelumnya. Platform dengan mobo Z490 ASUS ROG Maximus XII APEX berhasil menggenjot RAM G.Skill’s F4-4000C18-8GTRG ke frekuensi 3332.7 MHz atau 6665.4 (6.6 GHz) yang merupakan rekor RAM tercepat saat ini. Link validasi sendiri bisa pembaca akses di sini

Pencapaian di atas seolah membuktikan bahwa platform intel masih merupakan pilihan utama bagi para enthusiast, di mana intel menyediakan headroom yang lebar bagi overclocker untuk mengoptimalkan platformnya ke batas yang lebih tinggi. Jika dalam waktu yang cenderung singkat platform ini sudah bisa menunjukkan kebolehannya, bayangkan score yang bisa diraih jika para overcloker sudah terbiasa dan mengetahui seluk beluk platform baru ini lebih dalam?

Bagaimana menurut pembaca sendiri? Apakah ke depannya akan lebih banyak lagi rekor yang akan dipecahkan oleh platform terbaru ini? Tertarikkan para pembaca untuk menjajalnya?

Comments