Ilustrasi Death Stranding. (dok. internet)

Siapa gamer yang belum pernah mendengar nama Hideo Kojima? Gamer yang tak pernah memainkan game buatannya pun pasti pernah mendengar namanya. Dikenal sebagai salah satu jenius di industri games, lewat tangan dinginnya tercipta franchise super terkenal Metal Gear Solid yang hingga saat ini masih memiliki basis fans yang sangat kuat.

Setelah hengkang dari Konami, di bawah bendera studio indie buatannya “Kojima Production”. Kojima membuat proyek game AAA perdananya di mana dia memiliki kebebasan maksimal untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya, hingga lahirlah “Death Stranding”.

Ada yang menganggap bahwa Death Stranding hanyalah Walking Simulator di mana isi game hanya meminta gamer untuk berjalan dari titik A ke titik B. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa Death Stranding adalah maha karya unik yang menabrak batasan-batasan game konvensional, melalui mekanik yang memang tidak biasa.

Perdebatan itu nyatanya tak akan ada habisnya dan tak akan ada titip temunya. Pada akhirnya, apapun pendapat dari fans, data penjualanlah yang akan bicara. Dalam wawancara dengan media jepang livedoor Kojima berkata “Penjualan Death Stranding berada di kategori aman dan telah melewati batas BEP”.

Namun demikian, pernyataannya ini sendiri seolah menyiratkan bahwa penjulan Death Stranding hanya melewati batas aman dan di bawah ekspektasi dari berbagai pihak.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ada satu projek raksasa yang terpaksa dibatalkan. Walaupun Kojima tidak menyebutkan apakah ini imbas dari Penjualan Death Stranding yang kurang maksimal atau bukan.

Bagaimana dengan pembaca sendiri? Sudahkan memainkan Death Stranding? Apakah Death Stranding merupakan game yang pembaca harapkan dari tangan dingin Kojima?

 

Comments