Youtube hilangkan simbol HD di video resolusi 720p. (doc. wccftech.com)

Resolusi dari perangkat komputer semakin tahun semakin saja meningkat. Setiap resolusi pun memiliki “bahasa marketing” yang memudahkan penyebutannya bagi masyarakat. Mulai dari resolusi QVGA dengan jumlah pixel sebanyak 320 x 240 hingga resolusi 4K yang memiliki 3840 x 2160 pixel. Selain untuk resolusi layar, penyebutan tersebut juga kerap digunakan dalam resolusi video.

Jika zaman dahulu resolusi 720p (1280 x 720) atau yang biasa disebut HD merupakan suatu kemewahan yang hanya bisa dinikmati perangkat tertentu, perkembangan hardware yang semakin canggih membuat resolusi 720p menjadi sesuatu yang lazim dan dapat dimainkan oleh segala perangkat di pasaran, mulai dari perangkat mobile hingga PC.

Fakta di atas mungkin yang mendasari portal video populer youtube membuang keterangan HD (High Definition) pada video beresolusi 1280 x 720. Dimana hanya resolusi 1920 x 1080 dan di atasnya yang masih memiliki keterangan HD.

Perlu kami tegaskan, bahwa dibuangnya embel-embel HD tidak serta merta membuat kualitas video menurun. Bahkan, hal tersebut tidak akan beroengaruh sama sekali dari segi kualitas maupun teknis yang ada. Karena HD sendiri hanyalah penyebutan secara marketing.

Namun demikian, hal yang masih menjadi pertanyaan adalah alasan youtube tak lagi mengklasifikasikan 720p sebagai HD, dan bagaimana tanggapan dari komunitas akan hal ini, mengingat jumlah video beresolusi 720p di youtube sendiri tidaklah sedikit.

Bagaimana menurut pembaca sekalian? Apakah rela jika title HD dicopot dari 720p?

sumber: wccftech.com

Comments