ilustrasi PS 5 SSD. (dok. internet)

Apa hal yang paling anda tunggu dari perkembangan sebuah konsol? Sebagian besar gamer pastinya akan menjawab peningkatan visual dibanding generasi sebelumnya. Hal tersebut memang bukanlah hal yang aneh, mengingat visual merupakan salah satu hal yang paling mudah dilihat dan tak bisa dipungkiri paling menarik dari setiap perkembangan generasi konsol.

Namun demikian, visual tentulah bukanlah satu-satunya hal yang berubah dari perkembangan tiap generasi. Banyak sekali perkembangan yang sebenarnya ada, namun seringkali dilewatkan oleh gamer. Mulai dari kemampuan sound, multimedia, serta dukungan Al yang lebih canggih dan lebih kompleks. Hal-hal tersebut seringkali tidak nampak, namun impact-nya sebenarknya signifikan terhadap pengalaman gaming yang ada.

Salah satu upgrade yang ada di PS 5 adalah perubahan dari HDD ke SSD. Perubahan ini sebegitu signifikan dan canggih hingga bos epic games Tim Sweeney angkat bicara “Arsitektur Penyimpanan Sony merupakan yang paling canggih saat ini. Bahkan lebih canggih daripada PC termahal sekalipun.” ujarnya.

Saking cepatnya, Epic pun terpaksa harus mengubah code dari Unreal Engine 5 untuk mengakomodir kemampuan SSD PS 5. Walau secara grafis mungkin peningkatan yang akan diberikan oleh PS 5 tidak akan terasa terlalu signifikan. Namun kecepatan SSD itu sendiri dipercaya akan mengubah cara kita menikmati sebuah game. Mungkinkah PS 5 benar-benar akan membuat kita dapat mengucapkan selamat tinggal kepada loading screen? Bagaimana menurut pembaca sendiri?

Comments