Wujud dari PS 5. (dok. internet)

Setelah menjadi misteri selama beberapa saat, ditambah dengan diundurnya event dikarenakan kondisi yang tidak kondusif. Akhirnya Sony memperlihatkan desain dari konsol teranyarnya pada 11 Juni 2020 lalu secara online.

Desain konsol ini memang bisa dikatakan berbeda dari para pendahulunya. Jika pada generasi lalu, Sony lebih menonjolkan body dominan hitam. Konsol baru ini menggabungkan warna putih dan hitam kedalam desain yang saling menghimpit layaknya oreo. Desain yang dipilih Sony sendiri bertolak belakang dengan apa yang dipilih oleh saingannya Xbox, di mana Microsoft lebih memilih bentuk sederhana tanpa lekukan-lekukan berarti seperti yang terlihat di PS 5.

Untuk jeroannya sendiri PS 5 menggunakan CPU berbasis AMD Ryzen generasi ke 3, dengan 8 core. Untuk grafis, PS 5 akan ditenagai Custom Graphic Card berbasis AMD Navi yang telah mendukung Ray Tracing. Tidak lupa disematkan custom SSD internal dengan kapasitas 825 GB yang diklaim superior dibanding yang ada di pasaran saat ini. Konsol ini sendiri akan hadir dalam dua versi, yaitu versi standart yang memiliki optical drive, serta versi digital yang hadir tanpa optical drive

Hoizon “Forbidden West” salah satu game exclusive PS 5. (dok. internet)

Selain detail hardware, Sony juga menampilkan game-game yang akan hadir platform generasi teranyarnya. Mulai dari game-game exclusive seperti Horizon Forbidden West, Gran Turismo 7, Spider-Man: Miles Morales, serta game-geme third party seperti NBA 2K21, Resident Evil Village, Hitman III dan lain sebagainya

Sayangnya Sony masih belum mengumumkan harga dan kapan konsol ini akan tersedia di pasaran? Bagaimana dengan para pembaca sendiri, apakah tertarik dengan PS 5 atau justru makin mantap dengan Xbox X?

Comments