Ilustasi intel Skylake. (dok. internet)

Skylake merupakan arsitektur yang hebat pada masanya. Saat arsitektur ini diperkenalkan pada 2015 silam, AMD dan arsitektur bulldozer dibuat kekabakan oleh effisiensi dan peerforma yang ada. Namun demikian, kompetisi akan selalu berjalan dan AMD yang dulu dianggap anak bawang kini mulai menunjukkan taringnya. Lewat arsitektur Zen dan Zen 2 serta penggunaan fabrikasi 7nm, AMD sedikit demi sedikit membabat habis market share intel.

Setelah peluncuran Comet Lake di mana intel mem-push arsitektur skylake ke batas maksimalnya. Kini saatnya intel bersiap menuju masa depan baru dengan arsitektur yang juga baru. Setelah Skylake, Intel sendiri telah memperkenalkan arsitektur Sunny Cove yang digadang-gadang memiliki peningkatan kinerja 18% dari Skylake.

Rumor roadmap arsitektur intel. (dok. wccfrech.com)

Namun baru-baru ini beredar rumor terkait roadmap arsitektur baru intel, mulai dari Willow Cove yang akan memiliki peningkatan kinerja 25% dibanding Skylake, Golden Cove dengan peningkatan kinerja 50% dibanding Skylake serta Ocean Cove dengan peningkatan kinerja 80% dibanding Skylake.

Jika rumor di atas benar, akan sangat menarik melihat pertempuran baru antara Zen 3 melawan arsitektur baru intel.

Comments