Dalam Komputer kita sudah sangat tidak asing dengan salah satu bagian komputer ini yaitu Memori atau biasa disebut RAM (Random Access Memory). Yang sebagai media penyimpan dan komponen yang sangat vital dalam performance sebuah komputer. Sampai saat ini ada 4 jenis DDR RAM yaitu DDR (atau biasa juga disebut DDR1), DDR2, DDR3 , dan DDR4.  Memori RAM juga memiliki kecepatan, hingga saat ini memori RAM paling kecang pada plaform paling baru DDR4  memiliki kecepatan hingga 4000Mhz bahkan lebih. Sementara itu, sebenarnya terdapat potensi overclock dari sebuah memori RAM yang dihadirkan oleh produsen, agar pengguna bisa memaksimalkan kekuatan yang ada pada memori RAM tersebut hingga batas maksimal yang bisa dicapai.

Sementara kebanyakan pengguna biasa hanya mampu menjalankan kecepatan memori RAM nya pada range 3600Mhz hingga 4000Mhz saja pada platform DDR4, namun ternyata, ada pengguna khusus yang sering disebut sebagai overclockers yang mampu  mengeluarkan kemampuan maksimal sebuah komponen hardware PC, bahkan sampai memecahkan rekor dunia.

Kecepatan tertinggi saat ini yang bisa dicapai sebuah memori RAM yang mampu dioverclock hingga kecepatan  2640Mhz (Effective 5280MHz !) oleh  Audigy Overclocker  dari negara Thailand. Untuk bisa mencapai kecepatan ini, mereka memiliki peralatan pendinginan sangat ekstrem (dengan nitrogen cair) yang dibutuhkan agar memori RAM dapat berjalan dengan kecepatan tinggi.

Berikut daftar 10 Besar rangking kecepatan memori terkencang di dunia dari website HWBOT.

10 Besar Memori Terkecang di dunia

Audigy, menggunakan memori DDR4 keluaran dari Team Xtreem. Audigy mengoverclock memory Team Xtreem DDR4 3733 hingga kecepatan menyentuh 2640Mhz (Effective 5280Mhz !) Berikut Link validasi hwbot dan Cpu-Z . Validasi HwbotValid CPU-Z.

Audigy menepati urutan pertama dunia dengan kecepatan memori DDR4 hingga lebih dari 5Ghz
Memoru DDR4 berjalan 5280Mhz (2640Mhz) !!!

Untuk urusan pendingin, rata-rata extreme overclocker ini menggunakan pendingin Nitrogen cair (Liquid Nitrogen). Nitrogen cair adalah nitrogen dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah. Ini adalah cairan bening yang tidak berwarna dengan kerapatan hingga 0,807 g / ml pada titik didihnya (-195,79 ° C (77 K; -320 °F)) dan konstanta dielektrik 1,43.

Overlocking Memory menggunakan LN2 !!!

Hingga saat ini, belum ada rekor baru yang bisa dicapai selain dari daftar diatas, mungkin kedepanya kita akan melihat terdapat rekor baru yang akan terpecahkan kembali apalagi akan dalam waktu dekat terdapat platform memori baru DDR5 yang akan segera di luncurkan. Rekor kecepatan memori hingga 6000Mhz ! mungkin akan segera tercipta. Tunggu aja berita lengkapnya hanya di Hexatekno.com.

Comments