Page 6 : Hasil Pengujian (Game)

HASIL PENGUJIAN (Game)
Counter Strike : Global Offensive

Pada CSGO test dilakukan pada map Dust II saja. Menggunakan setting rata kanan dan motion blur dimatikan. Berikut setting yang digunakan pada CSGO :

Setting yang digunakan pada CS : GO

Dalam keadaan default, fps rata-rata (avg. fps) mencapai 228 fps, 1% min fps sebesar 141 fps. Maksud dari 1% min fps adalah pada 1% dari data terburuk yang artinya makin besar nilai 1% min fps, game akan semakin mulus / tidak patah-patah.

Ketika dioverclock, processor memiliki fps rata-rata (avg. fps) sebesar 280 fps, 1% min fps sebesar 177 fps. Terjadi peningkatan rata-rata mencapai 22,8%. Ketika bermainpun memang terasa lebih smooth terutama pada beberapa bagian dimana terlihat jauh lebih mulus.

Doom (Open GL dan Vulkan)

Pada game DOOM akan dilakukan test pada skenario OpenGL dan Vulkan sehingga dapat dilihat pula bagaimana peningkatan performa apabila menggunakan OpenGL vs Vulkan pada skenario setting rata kanan. Berikut setting yang digunakan dalam game :

Setting pada Doom
Setting Pada Doom
Setting pada Doom
Setting pada Doom
OpenGL

Pada OpenGL dalam keadaan default fps rata-rata (avg. fps) mencapai 60 fps, 1% min fps mencapai 48 fps. Dalam keadaan overclocked, fps rata-rata (avg. fps) mencapai 67 fps, 1% min fps mencapai 52 fps. Terjadi peningkatan fps rata-rata sebesar 11,67%.

Vulkan

Kemudian mengganti setting dengan Vulkan, dalam keadaan default fps rata-rata (avg. fps) bisa mencapai 149,5 fps (lebih tinggi daripada OpenGL), dengan 1% min fps mencapai 103 fps. Ketika dioverclock, fps rata-rata (avg. fps) mencapai 153 fps, dengan 1% min fps mencapai 111 fps. Terjadi peningkatan fps rata-rata sebesar 2,34%.

Streaming?

Bagaimana jika processor ingin digunakan untuk streaming? Apakah game menjadi tidak playable? Untuk mencari tahu, Hexatekno “iseng” melakukan 720p live streaming dengan bantuan software OBS dan layanan Facebook Live. Game yang dicoba adalah Counter Strike : Global Offensive. Pada setting digunakan CPU encoding sehingga mensimulasikan beban streaming ke CPU sambil bermain game. Berikut setting pada OBS yang sudah diatur mengikuti peraturan Facebook Live dan menggunakan software encoding (CPU):

Setting Output Format Pada OBS
Setting Video pada OBS
Setting Advanced pada OBS

Meskipun benchmark tidak sempat dijalankan namun tidak terlalu banyak terasa perbedaannya. Ketika streaming sambil bermain, game sangat playable dan terasa cukup lancar dan tidak terasa terlalu mengganggu.

 

Comments